Studi Eksperimental Pengaruh Kecepatan Engkol dan Variasi Diameter Disk terhadap Amplitudo, Frekuensi dan Daya pada Mekanisme Pembangkit Gelombang

Miftahul Ulum, Ardi Noerpamoengkas, Ahmad Anas Arifin, Hanif Darmawan Firmansyah

Abstract


Kebutuhan akan energi yang terbarukan di Indonesia perlu dikembangkan salah satunya adalah energi  yang berasal dari pembangkit listrik mikrohidro karena dapat meminimalisir penggunaan sumber energi yang berasal dari fosil. Penggunaan gelombang air sebagai seumber energi juga dirasa memiliki dampak resiko yang relatif kecil, serta pemanfaatannya yang mudah diperbarui. Pada penelitian ini akan dilakukan studi eksperimental dengan simulasi pada alat pembuat gelombang air. Studi eksperimental ini menggunakan metode variasi frekuensi kecepatan motor dan jarak engkol terhadap amplitudo dan frekuensi gelombang. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinggi gelombang atau amplitudo dan panjang gelombang yang dihasilkan. Dengan membuat  prototype  wave  tank  dan  melakukan  pengukuran  dan  perbandingan antara parameter-parameter yang berpengaruh terhadap perhitungan gelombang air yaitu amplitude gelombang (A), periode gelombang (T), dan panjang gelombang (?), kecepatan putaran motor dan diameter poros engkol maka didapatkan parameter apa saja parameter yang saling berpengaruh serta bagaimana variasi kecepatan dan variasi poros engkol berpengaruh terhadap parameter-parameter yang ada. Sehingga dari penelitian ini didapatkan Frekuensi terbesar pada crank nomor 1 dengan kecepatan 120 rpm dengan frekuensi sebesar 2.83 Hz, amplitudo terbesar didapatkan pada crank nomor 3 kecepatan 1 dan 2 dengan amplitudo sebesar 30 mm, dan daya terbesar didapatkan pada crank nomor 3 kecepatan 1 dan 2 dengan energi bangkitan 4.41 watt

Full Text:

PDF

References


I Made Agus Dharma Susila dan Dwi Rahmasari Pribadi, “Analisis Konsumsi Listrik Dan Indeks Pembangunan Manusia (Ipm) Di Indonesia Analysis of Electricity Consumption and Human Development Index (Hdi) in Indonesia,” Juni, vol. 13, no. 1, pp. 61–68, 2014.

M. P. Kazmierkowski and M. Jasi?ski, “Power electronics for renewable sea wave energy,” Proc. Int. Conf. Optim. Electr. Electron. Equipment, OPTIM, pp. 4–9, 2010, doi: 10.1109/OPTIM.2010.5510476.

A. Noerpamoengkas and M. Ulum, “Pemodelan Pengaruh Frekuensi Dan Amplitudo Eksitasi Terhadap Respon Gerak Dan Daya Mekanis Pendulum Vertikal Pada Konverter Energi Gelombang Laut,” Pros. Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap. III, pp. 201–210, 2015.

M. Ulum, “Analysis on Electrical Energy from Cylindrical-Buoy-Type Sea Wave Power Plant Model,” 7th Annu. Basic Sci. Int. Conf., pp. 1–4, 2017, [Online]. Available: http://basic.ub.ac.id/files/proceeding/PROCEEDINGS-BASIC-2017-VOL3.pdf.

Y. Pamungkas et al., “Study Eksperimental Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut Metode Mekanis Apung Menggunakan Sistem Transmisi Sproket dan Variasi Panjang Lengan.”

R. Alamian, R. Shafaghat, S. J. Miri, N. Yazdanshenas, and M. Shakeri, “Evaluation of technologies for harvesting wave energy in Caspian Sea,” Renew. Sustain. Energy Rev., vol. 32, pp. 468–476, 2014, doi: 10.1016/j.rser.2014.01.036.

R. Dicky Setiawan, T. Cimurti, R. Kurniawan, and D. Hermawan, “PEMANFAATAN GELOMBANG AIR LAUT UNTUK PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK MINI BERBASIS MIKROHIDRO SYSTEM,” 2013. Accessed: Jan. 21, 2021. [Online]. Available: http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/proton/article/view/184.

Michael E. McCormick, Ocean Engineering Mechanics. Cambridge, United States of America: Cambridge University Press, 2010.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.jmesi.2021.v1i1.1761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.