Optimasi Kapasitas Armada Dengan Menggunakan Metode Linear Programming

Ilham Agus Mardiko, Sulistyowati Sulistyowati

Abstract


PT. Indah Jaya Express merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang ekspedisi yang telah memiliki pengalaman dalam menangani bidangnya. Dengan aktifitas pengiriman maupun pengambilan barang yang sangat padat, perusahaan harus menentukan jenis dan jumlah armada yang digunakan untuk melakukan kegiatan tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya suatu sistem aplikasi yang dapat membantu manajer operasional dalam menentukan jenis dan jumlah armada yang tepat untuk digunakan dalam melayani pengiriman dan permintaan pengambilan barang, serta dapat meminimalkan biaya operasional yang dikeluarkan dengan mengoptimalkan kapasitas muatan armada. Sistem yang dibangun menggunakan metode Linear Programming, sebuah metode yang dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kapasitas armada yang tersedia. Pengujian sistem dilakukan dengan 2 cara, yaitu uji verifikasi dan uji validasi. Hasil dari uji verifikasi antara sistem dengan software QM for Windows V5, terdapat selisih rata-rata 34% untuk pengiriman barang dan 13% untuk pengambilan barang. Sedangkan hasil dari uji validasi yang telah dilakukan menunjukkan penghematan biaya bahan bakar armada yang baik, yaitu rata-rata 49% untuk pengiriman barang dan 38% untuk pengambilan barang, dengan pengujian sistem sebanyak 36 kali pengujian secara acak. Dengan metode Linear Programming, tentunya dapat membantu operasional perusahaan dalam mengoptimalkan kapasitas armada yang ada guna meminimalkan biaya operasional yang harus dikeluarkan perusahaan.

Full Text:

Download

References


Ali, M. A. (2014). ANALISIS OPTIMALISASI PELAYANAN KONSUMEN BERDASARKAN TEORI ANTRIAN PADA KALTIMGPS.COM DI SAMARINDA. EJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 2(3), 346–357.

Erfianti, R., & Muhaijir, M. N. (2020). Optimasi Produksi Hijab Menggunakan Program Linear Multi Objective Fuzzy. JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS, 2(1), 22–29.

Fardiana, E. (2012). Maksimalkan Keuntungan Pada Toko Kue Martabak Doni Dengan Metode Simpleks. UG Jurnal, 6(09), 11–14.

Ilamsyah, Rahayu, S., & Lisnawati, D. (2020). Prototype Aplikasi Analisa Sistem Informasi Inventory Barang Pada PT Anugrah Distributor Indonesia. ICIT (Innovative Creative and Information Technology) Journal, 6(1), 50–60. https://doi.org/10.33050/icit.v6i1.860

Nugroho, A. (2006). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Dengan Metodologi Berorientasi Objek.

Rahayu, S., Faris, M. R., & Pane, A. R. (2020). Monitoring System Building Plan For Risk Of Civil Office (Case Study: Tangerang Regency Of Education). ATM Journal, 4(1), 57–66.

Salim, T., Yusup, M., & Sukamto, D. L. (2020). Rancang Bangun Sistem Distribusi Hasil Produksi Obat Untuk Menjamin Kualitas Dalam Meningkatkan Pelayanan Pelanggan. Journal CERITA, 6(1), 26–38.

Sriwidadi, T., & Agustina, E. (2013). ANALISIS OPTIMALISASI PRODUKSI DENGAN LINEAR PROGRAMMING MELALUI METODE SIMPLEKS. Binus Business Review, 4(2), 725–741.

Sudarsana, D. K. (2009). Optimalisasi Jumlah Tipe Rumah Yang Akan Dibangun Dengan Metode Simpleks Pada Proyek Pengembangan Perumahan. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 13(2), 183–191.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.