Disruptif Teknologi E-Government terhadap Pelayanan Publik Tradisional Masyarakat Surabaya di Era Industri 4.0

Noerma Pudji Istyanto, Muhammad Nasrulloh

Abstract


Distruptif teknologi yang ada di era Industri 4.0 ternyata tidak hanya berdampak pada dunia indstri dan usaha, tetapi juga bagi sektor pemerintahan maupun maupun warganya. Saat ini Pemerintah Kota Surabaya terus melakukan inovasi digital berbasis e-government mulai dari sistem pengelolaan keuangan daerah, e-sdm, e-monitoring, e-education, e-office, media center hingga sistem pelayanan publik terpadu seperti e-lampid, e-health dan SSW. Namun, perkembangan inovasi digital tersebut perlu memperhatikan tidak hanya dari aspek manfaat nya saja, melainkan perlu dikaji dan diantisipasi dampak negative yang timbul dari adanya disuptif inovasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan tingkat disuptif teknologi e-government terhadap pelayanan publik tradisional masyarakat Surabaya di tengah maraknya perkembangan industi digital 4.0. Peneliti menggunakan metode penelitian melalui pendekatan deskriptif, kausatif, dan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden menggunakan teknik non probability sampling dengan memilih objek e-Lampid, e-Health dan SSW sebagai salah satu e-government yang ada di Surabaya. Manfaat dari penelitian ini nantinya mampu menjadi reffrensi dan rekomendasi bagi Pemerintah Kota Surabaya agar tetap memperhatikan warga maupun pegawai pemerintahannya supaya tidak terkena dampak negatif dari adanya disruptif teknologi tersebut.

Full Text:

Download

References


Bower, J. L., M, C. and Christensen, M. (1995) Disruptive Technologies: Catching the Wave. America.

Carter, L., & Belanger, F. (2005). The utilization of e-government services: Citizen trust, innovation and acceptance factors. Information Systems Journal, 15, 5–25.

Davis, F. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 19(2), 319-339.

Gupta, B., Dasgupta, S., & Gupta, A. (2008). Adoption of ICT in a government organization. Journal of Strategic Information Systems 17, 140–154.

Hasniati; and Syahruddin, M. H. (2010) Kebijakan Pengembangan Pelayanan Publik Berbasis e-Government (e-Services) di Makassar, Jurnal Infokom. Makassar.

Indrajit, R. E. (2002). E-Government: Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: Andi.

Istyanto, N. P. (2016) ‘Evaluation of Public Service Strategy Chosen by Citizens of Surabaya: Traditional Vs E-Government (Case Study: E-Lampid, E-Health & Ssw)’, in The 2nd International Seminar on Science and Technology (ISST) 2016 Volume 2. Surabaya: Department of Civil Engineering Postgraduate Program Institut Teknologi Sepuluh Nopember, p. 523.

Kanat, I. E., & Ozkan, S. (2009). Exploring citizens' perception of government to citizen services: A model based on theory and planned behavior (TBP). Transforming Gov-ernment: People, Process and Policy, 3(4), 406–419.

Lin, F., Fofanah, S. S., & Liang, D. (2011). Assessing citizen adoption of eGovernment initiatives in Gambia: A validation of the. Government Information Quarterly 28, 271–279.

Ozkan, S., & Kanat, I. E. (2011). e-Government adoption model based on theory of planned behavior:. Government Information Quarterly 28, 503–513.

Pers, S. (2019a) Making Indonesia 4.0: Strategi RI Masuki Revolusi Industri Ke-4, Kemenperin.go.id. Available at: https://kemenperin.go.id/artikel/18967/Making-Indonesia-4.0:-Strategi-RI-Masuki-Revolusi-Industri-Ke-4 (Accessed: 1 September 2019).

Pers, S. (2019b) Menteri Bambang: Indonesia Siap Hadapi Tantangan Era Digital dan Industri 4.0, bappenas.go.id. Available at: https://www.bappenas.go.id/id/berita-dan-siaran-pers/menteri-bambang-indonesia-siap-hadapi-tantangan-era-digital-dan-industri-40/ (Accessed: 1 September 2019).

Reddick, C. G., & Turner, M. (2012). Channel choice and public service delivery in Canada: Comparing e-government to. Government Information Quarterly 29, 1–11.

Rogers, E. M. (1983). Diffusion of Innovations. New York: Free Press.

Torres, L., Pina, V., & Acerete, B. (2005). E-government developments on delivering public services among EU cities. Government Information Quarterly, 22(2), 217–238.

West, D. M. (2004). E-government and the transformation of service delivery and cit-izen attitudes. Public Administration Review, 64(1), 15–27.

Yong, J. S. (2005). ZE-Government in Asia. Enabling Public Service Innovation in the 21st Century. Singapore: Times Edition-Marshall Candevish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.