Penerapan Metode Design Thinking dalam Pengembangan Antarmuka Pengguna dan Pengalaman Pengguna pada Website Learning Management System (LMS)

Anwar Sodik, Debry Aisyah Noviyanti, Narindra Arifta Antoko

Abstract

 Sistem Manajemen Pembelajaran adalah platform pengelolaan pembelajaran yang dirancang untuk memudahkan pembelajaran jarak jauh berbasis elektronik (e-learning). Hal ini diciptakan guna merancang, mengembangkan, dan menyelenggarakan pendidikan secara daring, serta menghubungkan dan mengintegrasikan antara pengajar dan pelajar dalam berbagi pengetahuan. Penelitian ini akan berfokus kepada pengembangan User Interface/User Experience website Learning Management System. Pada penelitian ini digunakan metode Design Thinking. Dimana tahapan yang akan digunakan adalah Empathize, Define, Ideate, Protoype, serta Test. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Perguruan Tinggi yang sebelumnya sudah menggunakan LMS dari platform lain. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah solusi Learning Management System yang memiliki User Interface maupun User Exerperince yang baik. Tahapan Test pada penelitian ini adalah menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil dari Test penelitian ini adalah nilai benchmark Daya Tarik memiliki nilai 1,09 dan mendapatkan predikat Below Average dan nilai Kejelasan memiliki nilai 0,99 dan mendapatkan predikat Below Average. Untuk nilai Efisiensi memiliki nilai 1,11 dengan predikat Good. Nilai Ketepatan memiliki nilai 1,18 dan mendapatkan predikat Above Average. Nilai Stimulasi mendapatkan nilai 1,11 dengan predikat Above Average. Sedangkan nilai Kebaruan mendapatkan nilai 0,66 dengan predikat Below Average. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan prototype produk yang nantinya akan diimplementasikan oleh tim IT dari Perguruan Tinggi.

Full Text:

PDF

References

Akay, E., & Koral Gumusoglu, E. (2020). THE IMPACT OF LEARNING MANAGEMENT SYSTEMS ON STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN LANGUAGE EXAMS. Turkish Online Journal of Distance Education, 206–222. https://doi.org/10.17718/tojde.803410

Alaik, L. M., & Sodik, A. (2023). Perancangan User Interface Dan User Experience Pada Website Paid Newsletter XYZ Dengan Model User Centered Design. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, 0, Article 0. http://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/5150

Doorley, S., Holcomb, S., Klebahn, P., Segovia, K., & Utley, J. (2018). Design Thinking Bootleg. Design Thinking Bootleg. https://dschool.stanford.edu/resources/design-thinking-bootleg

Experience, W. L. in R.-B. U. (n.d.). Design Thinking: Study Guide. Nielsen Norman Group. Retrieved July 18, 2023, from https://www.nngroup.com/articles/design-thinking-study-guide/

Fariyanto, F., Suaidah, S., & Ulum, F. (2021). PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN METODE UX DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KAMPUNG KURIPAN). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i2.853

Harahap, D. G. S., Sormin, S. A., Fitrianti, H., Rafi’y, M., & Irawan, F. (2023). Implementation of Merdeka Curriculum Using Learning Management System (LMS). International Journal of Educational Research Excellence (IJERE), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.55299/ijere.v2i1.439

Kravchenko, T., Bogdanova, T., & Shevgunov, T. (2022). Ranking Requirements Using MoSCoW Methodology in Practice. In R. Silhavy (Ed.), Cybernetics Perspectives in Systems (pp. 188–199). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-031-09073-8_18

Lazuardi, M. L., & Sukoco, I. (2019). Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.35138/organum.v2i1.51

Maslov, I., Nikou, S., & Hansen, P. (2021). Exploring user experience of learning management system. The International Journal of Information and Learning Technology, 38(4), 344–363. https://doi.org/10.1108/IJILT-03-2021-0046

Putri, R. R., Sodik, A., Pakarbudi, A., Teknologi, I., & Tama, A. (n.d.). Perancangan User Experience Aplikasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Human-Centered Design. x, 83–92.

Raschintasofi, M., & Yani, H. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Learning Management System Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.33998/jms.2023.3.1.753

Reid, Dr. L. (2019). Learning Management Systems: The Game Changer for Traditional Teaching and Learning at Adult and Higher Education Institutions. Global Journal of Human-Social Science, 1–14. https://doi.org/10.34257/GJHSSGVOL19IS6PG1

Resources, M. A., Information. (2020). Research Anthology on Fake News, Political Warfare, and Combatting the Spread of Misinformation. IGI Global.

Santa-Maria, T., Vermeulen, W. J. V., & Baumgartner, R. J. (2022). The Circular Sprint: Circular business model innovation through design thinking. Journal of Cleaner Production, 362, 132323. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2022.132323

Skjuve, M., Følstad, A., & Brandtzaeg, P. B. (2023). The User Experience of ChatGPT: Findings from a Questionnaire Study of Early Users. Proceedings of the 5th International Conference on Conversational User Interfaces, 1–10. https://doi.org/10.1145/3571884.3597144

Sodik, A., Albanna, I., Muchtarruddin, & Manuputty, J. N. (2023). Applying Design Thinking in Food-Waste Mobile Application. 2, 255–259. https://doi.org/10.5220/0012107800003680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.