Penerapan Aplikasi Presensi Siswa Menggunakan QR Code di SMAN 17 Surabaya

Endang Restuningsih

Abstract


Untuk Kegiatan belajar mengajar di sekolah biasanya diawali dengan presensi kehadiran siswa terlebih dahulu. SMAN 17 Surabaya adalah salah satu sekolah yang masih menggunakan presensi siswa secara manual dan dinilai kurang efektif, karena proses rekapitulasi manual membutuhkan ketelitian dan waktu cukup lama. Presensi menggunakan smartphone android dan QR Code bisa dimanfaatkan untuk membantu proses presensi yang baik dan rekapitulasi yang cepat. Pembuatan aplikasi presensi siswa menggunakan smartphone android dan QR Code ini dibangun dari gabungan beberapa produk Google yang bebas digunakan secara gratis yaitu : Google Sheet, Google App Script, Google Sites, App Inventor, dan Smartphone Android. Fitur dalam aplikasi yang dibangun antara lain, mengelola data siswa, melakukan presensi, dan merekap presensi siswa secara realtime.

Full Text:

Download

References


Android (operating system), 2019. . Wikipedia.

App Inventor, 2018. . Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.

Ching-yin law, Simon so, 2010. QR Codes in Education. Journal of Educationan Technology Development and Exchange 3, 85–100.

Google Apps Script, 2019. . Wikipedia.

I. Cahyani, 2016. Adopsi Google Apps For Education Di Perguruan Tinggi : Sebuah Kolaborasi Real-Time Dosen Dan Mahasiswa. Jurnal PPKP 19, 183–202.

J. Beswick, 2009. Getting Productive With Google Apps, 1st ed. ed. 415 System Inc.

Rachman Arief, 2017. Aplikasi Presensi Siswa Online Menggunakan Google Forms, Sheet, Sites, Awesome Table Dan Gmail. Presented at the SNTEKPAN V, ITATS, Surabaya, pp. 137–143.

S. Gunter, P. Rutledge, 2014. My Google Apps. Que, Indianapolis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.