Pengembangan Aplikasi Go-Farm Marketplace Menggunakan Metode Waterfall untuk Mewujudkan Pertanian Terintegrasi pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro

Eka Prakarsa Mandyartha, Afina Lina Nurlaili, Gusti Eka Yuliastuti

Abstract

Sektor pertanian di Kabupaten Bojonegoro memiliki peran penting sebagai lumbung pangan nasional. Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bojonegoro berupaya untuk meningkatkan akses pasar dan kolaborasi dengan pihak terkait, dengan tujuan mewujudkan pertanian terintegrasi. Dalam usulan penelitian ini, diusulkan rancang bangun aplikasi Go-Farm Marketplace yang akan digunakan sebagai media promosi dan penjualan untuk produk-produk unggulan hasil pertanian Kabupaten Bojonegoro. Marketplace ini dikelola oleh DKPP Kabupaten Bojonegoro. Aplikasi Go-Farm Marketplace yang dibangun ini diharapkan dapat membantu DKPP Kabupaten Bojonegoro dalam mempromosikan produk-produk lokal yang berkualitas tinggi dan memperluas pasar bagi petani lokal, sambil memberikan akses yang lebih mudah bagi konsumen untuk membeli produk segar dan berkualitas tinggi dengan harga yang wajar. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode software development life cycle Waterfall terdiri dari tahap identifikasi proses bisnis, pemodelan proses bisnis, realisasi proses bisnis, dilanjutkan dengan tahap desain sistem hingga implementasi dan pengujian. Aplikasi Go-Farm Marketplace diimplementasikan dalam platform web, dengan bahasa PHP, Relational Database Management System (RDBMS) MySQL, dan framework Codeigniter. Hasil pengujian fungsionalitas fitur-fitur utama menunjukkan aplikasi telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan. Fitur-fitur inti seperti kelola data toko, proses pembayaran, kelola master produk, kelola data keranjang belanja, dan interaksi pengguna telah terbukti beroperasi secara optimal, memberikan pengalaman yang memuaskan bagi para pengguna. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa aplikasi mampu memberikan layanan yang handal dan responsif, mendukung efektivitas pengguna dalam berbagai aspek yang menjadi fokus utama dalam aplikasi Go-Farm Marketplace.

Kata Kunci: pertanian terintegrasi, aplikasi go-farm marketplace, kabupaten bojonegoro, digitalisasi pertanian

Full Text:

PDF

References

Adebiyi, O. A., & Adebiyi, A. A. 2012. Development of an agricultural expert system for pest and disease management. Journal of Agricultural Extension and Rural Development, Vol. 4(No. 12), (hal. 352-358). doi: 10.5897/JAERD12.038

Aliyu, A. I., & Abdullahi, M. 2015. A review of mobile-based agricultural information systems. International Journal of Computer Science and Mobile Computing, Vol 4(No. 6), (hal. 156-163).

Gichangi, A. M., & Mbithi, P. M. 2014. Development of a web-based agricultural market information system. Journal of Agricultural Extension and Rural Development, Vol 6(No. 7), (hal. 233-240). doi: 10.5897/JAERD2014.0638

Johan, D., Maarif, M. S., & Zulbainarni, N, 2022, Persepsi Petani Terhadap Digitalisasi Pertanian Untuk Mendukung Kemandirian Petani, Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), Vol 8, No. 1, hal 203-203. https://doi.org/10.17358/jabm.8.1.203

Kementerian Pertanian RI. 2021, 7 Oktober. Pengembangan Pertanian Organik di Indonesia. [Artikel web]. Diakses dari https://www.pertanian.go.id/home/?show=news&act=view&id=3238

Komba, G. M., & Nyangaro, S. S. 2016. Design and implementation of a mobile-based agricultural information system for smallholder farmers in Tanzania. Journal of Agricultural Informatics, Vol 7(No.2), (hal 1-14). doi: 10.17700/jai.2016.7.2.1

Mohan, D. C., & Anand, M. S. 2020. Smart agriculture supply chain management system using Internet of Things (IoT) and blockchain. International Journal of Ambient Computing and Intelligence (IJACI), 11(1), (hal. 15-31). doi: 10.4018/IJACI.2020010102

Okechukwu, P. N., & Osunmakinde, C. C. 2021. Design and development of an agricultural commodity trading system based on blockchain technology. IEEE Access, 9, (hal. 31887-31901). doi: 10.1109/ACCESS.2021.3069869

Omokanye, A. E., & Adebayo, O. O. 2018. Development of an e-Marketplace for Agricultural Commodities. Journal of Agricultural Informatics, Vol 9(No.1), (hal. 1-10). doi: 10.17700/jai.2018.9.1.1

Rahayu, W., 2021, Strategi Pengembangan Komoditas Pertanian Unggulan di Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, Vol 7, No. 2, hal 127-134. https://doi.org/10.20961/sepa.v7i2.48898

Rotich, D. K., & Saina, J. K. 2013. A mobile-based agricultural extension system for smallholder farmers in Kenya. Journal of Agricultural Extension and Rural Development, Vol 5(No. 6), (hal. 96-103). doi: 10.5897/JAERD12.088

Sekali, A.S.K., 2023. Digital Marketing Produk Agribisnis Untuk Petani dan Pemasuk Input Pertanian. Publish Buku UNPRI Press ISBN, Vol 1(No. 1), hal.1-93.

Sharma, S. K., & Kashyap, A. R. 2019. A mobile application for farmer-to-consumer direct marketing of fresh produce. International Journal of Information Technology, Vol 11(No.1), (hal. 87-95). doi: 10.1007/s41870-019-00304-z

Srivastava, V. K., & Srivastava, S. K. 2017. A mobile-based e-commerce platform for agricultural products in India. Journal of Agricultural Informatics, Vol 8(No. 2), (hal. 9-18). doi: 10.17700/jai.2017.8.2.1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.