Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pemilihan Lokasi Perumahan Strategis Di Sidoarjo Dengan Metode Weighted Product

Deny Hermansyah, Alya Rizky Natasya, Iqbal Ramadhani Mukhlis, Sinarring Azi Laga, Gaguk Suprianto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguraikan persoalan yang sering dijumpai oleh masyarakat umum dalam pemilihan lokasi perumahan strategis khususnya di kawasan Sidoarjo, Jawa Timur. Rumah sebagai tempat tinggal adalah kebutuhan paling mendasar bagi manusia. Dengan demikian, lokasi yang strategis sangat penting dalam memastikan ketepatan dalam pengembangan perumahan. Pertimbangan seperti konektivitas dan aksesibilitas, termasuk akses ke pusat kota, jalan utama, dan transportasi publik, memiliki peran kunci dalam menetapkan lokasi yang strategis. Selain itu, adanya fasilitas umum penunjang lainnya seperri sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan perkantoran juga menjadi aspek penting dalam peningkatan kualitas hidup penghuni perumahan. Lingkungan yang aman, nyaman, dan ramah bagi keluarga juga menjadi faktor penting. Metode analisis Weighted Product digunakan dalam proses pemilihan lokasi perumahan strategis di Sidoarjo. Metode ini memungkinkan penentuan keputusan dengan menghubungkan nilai atribut berdasarkan bobot yang ditetapkan untuk setiap kriteria seperti Harga, Fasilitas Umum, Waktu, Tempuh Ke Pusat Kota, Desain Rumah, dan Perizinan. Dalam penelitian ini mengevaluasi beberapa lokasi perumahan strategis di Sidoarjo yaitu perumahan Pondok Mutiara, Pondok Jati, Citra Garden, Heavenland Park dan BluruKidul. Merujuk pada hasil penelitian yang telah dilangsungkan, perumahan Citra Garden berpotensi menjadi alternatif perumahan strategis yang memiliki kesesuaian dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan dalam penelitian. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi untuk para calon pembeli hunian perumahan yang selaras dengan kriteria dan kebutuhan

Full Text:

download

References

Fransiska, D., 2023. Sistem Pendukung Keputusan Menentukan E-Commerce Terbaik Menggunakan Metode Weighted Product. PROSISKO J. Pengemb. Ris. Dan Obs. Sist. Komput. 10, 41–48.

Furqon, M., Najwa, N., Hermansyah, D., Zarkasi, M., 2022. Knowledge Graph Modeling in Healthcare: A Bibliometric Analysis. J. Komput. Terap. 8, 113–122.

Hermansyah, D., Muklason, A., 2020. Evaluation of hyper-heuristic method using random-hill climbing algorithm in the examination timetabling problem, in: Journal of Physics: Conference Series. IOP Publishing, p. 022101.

Kurniawan, D.E., Amanda, S.T., 2017. Pemilihan Rumah Menggunakan Metode Weight Product Dengan Visualisasi Lokasi Objek. Klik-Kumpul J Ilmu Komput 4, 102.

Laga, S.A., Hermansyah, D., Alifkhan, M.V.D., 2023. Perancangan UI/UX Aplikasi Jobhub Layanan Aplikasi Freelance Menggunakan Figma.

Manik, A., Sianipar, R.A., 2022. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bantuan Bedah Rumah Menggunakan Metode Weighted Product Pada Kecamatan Borbor. JITSINET J. Inf. Technol. Softw. Eng. Netw. 1, 1–8.

Mauliana, P., Wiguna, W., Widyaman, D., 2018. Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Pramuniaga Toserba Yogya Ciwalk Menggunakan Metode Weighted Product. Infotronik J. Teknol. Inf. Dan Elektron. 3, 85–94.

Mukhlis, I.R., Hermansyah, D., Lantang, V.M., 2023. Rancangan Basis Data Transaksi Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat ABC Menggunakan MySQL Dengan Model Entity Relationship Diagram (ERD) dan Physical Data Model (PDM). J. Adv. Inf. Ind. Technol. 5, 1–10.

Noviansyah, M.R., Suharso, W., Chandranegara, D.R., Azmi, M.S., Hermawan, M., 2019. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Pada E-Commerce Menggunakan Metode Weighted Product, in: Prosiding SENTRA (Seminar Teknologi Dan Rekayasa). pp. 43–53.

Permadi, M.Y., Ripanti, E.F., Septiriana, R., n.d. Model Pemilihan Rumah Tinggal Dengan Metode Weighted Product (WP). JURISTI J. Ris. Sains Dan Teknol. Inform. 1, 167–174.

Roni, R., Sumijan, S., Santony, J., 2019. Metode Weighted Product dalam Pemilihan Penerima Beasiswa Bagi Peserta Didik. J. RESTI Rekayasa Sist. Dan Teknol. Inf. 3, 87–93.

Sari, R.P., Novitasari, L., 2022. Sistem Penentuan Kelayakan Kredit Pemilikan Rumah Non-Subsidi Menggunakan Metode Weight Product. J. Rekayasa Teknol. Inf. JURTI 6, 18–25.

Seran, F., Kelen, Y.P., Nababan, D., 2023. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Menggunakan Metode Weighted Product. J. Tekno Kompak 17, 147–159.

Sim, L.S., Christopher, M., Nafitra, H.D., Panjaitan, J.S.V., Rakhmawati, N.A., 2023. PEMILIHAN PLATFORM E-COMMERCE PADA KALANGAN MAHASISWA ITS DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT. J. Teknoinfo 17, 36–46.

Sugiarto, A., Rizky, R., Susilowati, S., Yunita, A.M., Hakim, Z., 2020. Metode Weighted Product Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Pegawai Pada CV Bejo Perkasa. Bianglala Inform. 8, 100–104.

Supriyono, H., 2015. Pemilihan rumah tinggal menggunakan metode weighted product. Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. Dan Inform. 1, 23–28.

Wijaya, R., 2014. Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Lokasi Perumahan Menggunakan Weighted Product Method (WPM). J. Inform. 10, 61–78.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.