Desain Dan Analisis Kinerja Sistem Informasi Universitas ABC Menggunakan Metode Performance Prism Dan AHP

Lestari Retnawati, Nia Saurina, Firman Hadi Sukma Pratama

Abstract

Universitas ABC merupakan sebuah perguruan tinggi yang saat ini sedang menggalakkan pendidikan berbasis teknologi informasi. Universitas ABC telah berkomitmen untuk menjadi perguruan tinggi berkualitas dengan slogannya yaitu “A Quality Oriented Campus” yang selalu ingin menjadi terdepan seperti yang tertuang dalam Visi dan Misi Universitas ABC. Untuk mewujudkan hal tersebut Universitas ABC mendirikan sebuah Unit Pelaksana Teknis Sistem Informasi (UPT TIK) yang berperan sebagai pemenuhan kebutuhan informasi bagi segenap civitas akademik di Universitas ABC. UPT TIK mewujudkannya dengan membuat sistem informasi yang bernama SIDOKAR yaitu suatu aplikasi yang menyediakan layanan bagi seluruh civitas akademik di Universitas ABC yang terkait kebutuhan akademik. Untuk dapat memenuhi kebutuhan proses bisnis akademik, maka perlu dilakukan pengukuran kinerja untuk mengetahui seberapa jauh UPT TIK dalam memenuhi kebutuhan para stakeholder.

Atas dasar itu digunakan metode Performance Prism yang merupakam suatu metode pengukuran kinerja yang mementingkan kebutuhan para stakeholder. Dan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Key Performance Indicator (KPI) pada setiap kriteria. Serta tahap akhir mengukur kinerja yaitu dengan melakukan penilaian Scoring system menggunakan metode Objective Matrix (OMAX). Dari hasil pembahasan diperoleh KPI sebanyak 10 KPI dengan nilai 8,00 serta kriteria baik. 

Full Text:

download

References

Artley, Will & Suzanne, Stroh (2001). The Performance-Based Management Handbook: Establishing an Integrated Performance Measurement System, Vol. 2, Oak Ridge Institute for Science and Education.

Hartono. (2013). Pemanfaatan Metode Analyical Hierarchy Process (AHP) untuk Penentuan Jenis Barang yang Akan di Produksi. Dosen Tetap Teknik Informatika STMIK IBBI Meda, (9) 80-95.

Lubis, P.I. dan Kusumanto, I. 2018. “Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Key Performance Indicators (KPI) ( Studi Kasus : CV. Bunda Bakery Pekanbaru ).” 15(2):37–45.

Mangkunegara, A. P. (2016). Pengertian Kinerja. In A. P. Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan (p. 67). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Neely, A., Adams, C. & Crowe, P. (2001). The Performance Prism in Practice. Measuring Business Excellence, 5 (2), 6-12.

Suryadi, & Ramdhani. (1998). Sistem Pendukung Keputusan . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Vanany, I., & Tanukhidah, D. (2004). Perancangan dan Implementasi Sistem Pengukuran Kinerja Dengan Metode Performance Prism. Jurnal Teknik Industri, (6) :2 148-155.

Widiyawati, S., Soeparman, S., & Soenoko, R. (2013). Pengukuran Kinerja Pada Perusahaan Furniture Dengan Menggunakan Metode Performance Prism dan Analytical Hierarchy Process. JEMIS, (1) :1 2013.

Wahyuni, H. C. (2017). Implementasi Metode Objective Matrix (OMAX) Untuk Pengukuran Produktivitas Pada PT.ABC. PROZIMA (Productivity, Optimization, and Manufacturing System), (1) :1 17-21.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.