Pengujian Aplikasi E Buk Kades Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis dan Equivalence Partitioning

Aniisah Eka Rahmawati, Henni Endah Wahanani, Firza Prima Aditiawan

Abstract

Aplikasi E Buk Kades pada DPMD Kabupaten Jombang merupakan aplikasi yang berperan penting dalam peningkatan kualitas bidang sarana dan prasarana desa. Oleh karena itu, diperlukan pengujian sistem guna untuk memastikan aplikasi yang ada berjalan sesuai fungsionalitas dan menemukan kekurangan pada aplikasi agar dapat dilakukan perbaikan sehingga lebih optimal. Pengujian berfokus pada fungsionalitas dari aplikasi menggunakan Black Box Testing dengan metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis. Berdasarkan hasil pengujian, diketahui bahwa penggunaan Equivalence Partitioning pada aplikasi E Buk Kades lebih dominan untuk menguji pada fitur entri data, fitur berupa option, serta berupa tombol. Sedangkan untuk Boundary Value Analysis lebih dominan dalam menguji fitur yang memiliki range seperti rekomendasi anggaran. Selain itu dari pengujian yang dilakukan juga dapat diketahui bahwa metode Equivalence Partitioning dominan lebih banyak dalam melakukan pengujian dikarenakan fitur yang ada pada aplikasi E Buk Kades dominan lebih cocok diuji dengan Equivalence Partitioning.

Full Text:

download

References

Bekiroglu, B. (2017). A CAUSE-EFFECT GRAPH SOFTWARE TESTING TOOL Berk Bekiroglu Department of Computer Science, Illinois Institute of Technology. 5(4), 11–24.

Irawan, Y. (2017). Pengujian Sistem Informasi Pengelolaan Pelatihan Kerja UPT BLK Kabupaten Kudus dengan Metode Whitebox Testing. Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 9(3), 59–63.

Rosi Subhiyakto, E., & Wahyu Utomo, D. (2016). STRATEGI, TEKNIK, FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT PENGUJIAN UNTUK PENGEMBANG PERANGKAT LUNAK PEMULA. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Safitri, N., & Pramudita, R. (2018). Pengujian Black Box Menggunakan Metode Cause Effect Relationship Testing. Information System for Educators and Professionals, 3(1).

Sholeh, M., Gisfas, I., Cahiman, & Fauzi, M. A. (2021). Black Box Testing on ukmbantul.com Page with Boundary Value Analysis and Equivalence Partitioning MethoDesa Journal of Physics: Conference Series, 1823(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012029

Wiegers, K. E. (2003). Software Requirements (2nd ed.).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.