Digitalisasi Sistem Inventory Dan Sistem Barcode Untuk Meminimalisir Kesalahan Entry Data Pada PT Truespices Indonesia

Enrico Reky, Shah Khadafi

Abstract

PT.TrueSpicesIndonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi rempah rempah. Akan tetapi, dalam proses produksi mereka sering sekali terjadi kesalahan dalam hal pendataan barang meliputi berat dan jumlah barang yang di akibatkan oleh human error. Maka dari itu PT. TrueSpicesIndonesia membutuhkan sebuah sistem pendataan inventory otomatis menggunakan barcode dan penghitungan deviasi berat barang dalam bentuk digital guna kelancaran proses bisnis PT.TrueSpicesIndonesia. Dalam pengembangan sistem ini akan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) yang mana metode tersebut memiliki kelebihan yang dapat membantu pengembangan aplikasi dalam waktu yang singkat dan memiliki tingkat kesesuaian  dengan bisnis proses yang diinginkan oleh user sangat tinggi dikarenakan seringnya pertemuan dari pihak peneliti dan user. Dimana dari hasil penelitian ini menunjukan penggunaan metode Rapid Application Development (RAD) dapat membantu dalam proses pembuatan sistem aplikasi yang dapat memangkas waktu pengembangan dan dapat menciptakan sebuah aplikasi yang memiliki tingkat akurasi kemiripan yang tinggi dengan presentase sebesar 86 % dari desain yang telat dibuat

Full Text:

download

References

Khadafi, S. et al. (2019) ‘PERANCANGAN WEBSITE DAN AKUN SOSIAL MEDIA UNTUK UKM REVIORA TANGGULANGIN SIDOARJO GUNA MENGHADAPI ERA INDUSTRI 4.0’, Seminar Nasional Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat SNPM 1, pp. 13–19.

Naibaho, R.S. (2017) ‘PERANAN DAN PERENCANAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERUSAHAAN’.

Pratama, M.R.K., Khadafi, S. and Pakarbudi, A. (2021) ‘Implementasi Manajemen Proyek dengan Metode CPM (Critical path method) Tentang Optimalisasi Durasi Proyek Pemasangan Fiber Optik Diperusahaan XYZ’, Perkembangan Riset Energi dan Otomasi Berbasis Teknologi Informasi menghadapi Era New Normal, pp. 95–102. Available at: https://doi.org/10.31284/p.snestik.2021.1814.

Utami, R. and Khadafi, S. (2018) ‘The Implementation of Economic Order Quantity for Raw Material Planning in SME Producing Terasi Crackers’.

Utami, R. and Khadafi, S. (2019) ‘APLIKASI PENGELOLAAN BAHAN BAKU UNTUK EFISIENSI OPERASIONAL MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY’, Network Engineering Research Operation, 4(2). Available at: https://doi.org/10.21107/nero.v4i2.124.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.