Rancang Bangun Mobile Game Adventure Of Studies Sebagai Media Pembelajaran
Setta Ramadaniati, Dian Ahkam Sani, Mochammad Firman Arif
Abstract
Dalam upaya meningkatkan efisiensi penyediaan aplikasi yang mengandung unsur pendidikan maka diperlukan berbagai alternatif dan inovasi baru dalam hal pemrograman untuk bisa diterapkan sebagai alat untuk mempermudah proses pembelajaran. Dengan adanya Rancang Bangun Mobile Game Adventure Of Studies sebagai Media Pembelajaran ini diharapkan untuk meningkatkan kemampuan berfikir anak dalam proses belajar, bahwa game ini sangat berguna di bidang pendidikan. Penyusun memilih anak-anak dan remaja sebagai target pemain, karena kesulitan proses pembelajaran secara teoritis yang di ajarkan pada anak-anak dan remaja, mengingat mereka lebih suka bermain. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan tahapan penelitian Analisis Kebutuhan, Desain dan Perancangan Game, Pengembangan Game, Implementasi atau Uji Kelayakan Game, Evaluasi Hasil. Pembuatan game dilakukan dengan menggunakan game engine Construct 2. Penerapan game media pembelajaran ini diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut. Sehingga di saat anak memainkan game ini secara tidak langsung dapat belajar, dengan harapan semangat anak untuk belajar akan lebih terpacu dan meningkatkan kualitas belajar anak.
References
Indah F. 2014. Pengertian Definisi Game Menurut Para Ahli . http://carapedia.com/pengertian_definisi_game_info2144.html, diakses pada 15 Juni 2020.
Marzuki, Fandri Candra.2014 “Game Berbasis Adventure sebagai Pendukung Pembelajaran Pengenalan Kata Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini”. Universitas Bandar Lampung.
Munir.2012 “Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan”. Bandung : Alfabeta.
Permana, S.D.H. 2015. Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Universitas Trilogi. Jakarta Selatan.59-64.
Putra. “Pengertian Android : Sejarah, Kelebihan & Versi Sistem Operasi Android OS”.2019. https://salamadian.com/pengertian-android/ diakses pada 20 Juni 2020.
Rudawan, Rikman Aherliwan.2016 “Construct 2 Tutorial Game Engine” Bandung : Informatika.
Silvia, Haritman dan Muladi. 2014 “Rancang Bangun Akses Kontrol Pintu Gerbang Berbasis Arduino dan Android”.Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.
Wulandari Dwi A. (2013). Game Eukatif Sejarah Komputer menggunakan Role Playing Game ( RPG ) Sebagai Media Pembelajaran di Smp Negeri 2 Kaliborang.