Penggunaan Aplikasi ICT Kahoot! untuk Evaluasi Formatif PAI di SMA Miftahul Ulum Tenggarong 2025

Akhmad Riadi, Maryam Maryam, Zahratun Halimah, Maulida Fitriani, Ittikhatul Mudawamah, Muhammad Abror, Saskya Delsalsa, Rani Aulia, Muhammad Hastiavin Habibi

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dan siswa dalam memanfaatkan informasi teknologi melalui penggunaan aplikasi Kahoot! sebagai alat evaluasi formatif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Miftahul Ulum. Metode pelaksanaannya dilakukan secara sistematis melalui tujuh tahapan, yaitu observasi, identifikasi, sosialisasi, pelatihan, implementasi, evaluasi, dan pelaporan. Kegiatan ini melibatkan guru dan peserta didik dalam pelatihan pembuatan serta penggunaan kuis interaktif berbasis Kahoot!. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa penerapan Kahoot! Mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, memperkuat partisipasi aktif, serta membantu guru melaksanakan evaluasi formatif menarik secara dan efektif. Selain itu, kegiatan ini juga berkontribusi dalam meningkatkan literasi guru digital, keterampilan teknologinya, dan kemampuan menyesuaikan diri dengan pembelajaran berbasis ICT. Secara keseluruhan, kegiatan ini berhasil mendorong proses pembelajaran yang lebih kreatif, interaktif, dan menyenangkan tanpa meninggalkan nilai-nilai keagamaan, serta menjadi contoh penerapan inovasi teknologi yang relevan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di sekolah menengah.

References

Ardiansyah, M., Nugraha, M. L., & Santoso, B. (2024). Pemanfaatan Platform Kahoot Pada Guru SMK Insan Cendikia Jakarta. Jurnal Insan Peduli Sosial Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 73–79.

Asmaningrum, W., Widyaningsih, D., & Ayun, N. Q. (2023). Pembelajaran Kolaboratif melalui Metode Questioning dan Media Kahoot. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 34–44.

Ayu, K. G., Sari, D. W., Wahab, A., & Hasanudin, M. (2025). Pengoptimalan Penggunaan Teknologi AI dalam Pembelajaran Inovatif Bagi Guru SMAN 85 Jakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Aplikasi Teknologi, 4(2).

Che Ibrahim, N. F. S., Mohd Rusli, N. F., Shaari, M. R., & Nallaluthan, K. (2021). Students’ Perceptions of Interactive Multimedia Applications in the 21st Century Teaching and Learning Process. Online Journal for TVET Practitioners, 6(1), 15–24. https://doi.org/10.30880/ojtp.2021.06.01.003

Elis Ratna Wulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi pembelajaran. Pustaka Setia.

Fajri, N., Akbar, A., & Zakir, S. (2021). Penerapan Aplikasi Kahoot Dalam Evaluasi Pembelajaran PAI Pada Materi Masuknya Islam Ke Nusantara Di Kelas IX Di SMP N 1 Banuhampu Kabupaten Agam. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 78–89. http://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/ummatanwasathan/article/view/3040

Idha, I. H., & Suciani, B. R. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Kahoot Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 761–766.

Mohammad, M. M., & Sari, P. M. (2021). Efektivitas Kuis Interaktif Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1194–1198.

Mukti, W. C., & Huda, C. (2024). Penerapan Metode Pendekatan Berdiferensiasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Mata Pelajaran IPAS. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 7(3), 465–473.

Nashir, F. A. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PAI PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Nisa, A. M., Nurjanah, A. A., Saebani, A. S. A., Astuti, A. Y., & Safitri, A. A. (2025). Penggunaan Aplikasi Kahoot! sebagai Alat Evaluasi Belajar Peserta Didik Kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Program Khusus Boyolali. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner, 1(03), 252–257.

Nisa, S. Z., Sabila, S. N., Ayu, W. P. A., & Maesyaroh, Z. (2025). APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(1).

Nisa, S. Z., Sabila, S. N., Puspita, W., & Ayu, A. (2022). MOTIVASI BELAJAR Kahoot App to Increase Learning Motivation. I, 1–11.

PRATIWI, F. A. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF BERBASIS GAMIFIKASI DENGAN APLKASI KAHOOT PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK FASE E MATERI SIFAT WAJIB DAN JAIZ ALLAH SWT DI MA ISLAHIYAH KALITIDU. Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

Romadhon, M. F., Pili, A., Daulay, I. M., Sihombing, T. A. G., Sihombing, A. L., & Hutabarat, R. T. (2025). Integrasi Teknologi Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.

Rozaqiy, R. R. (2024). Implementasi Asesmen Formatif dan Sumatif Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Kediri. IAIN Kediri.

Sagala, A. U., Dewi, D., Hutagaol, S., Haloho, K. A., Aini, N., Tangson, R., & Medan, U. N. (2021). Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Belajar Sambil. 2010. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43426

Sagala, A. U., Hutagaol, D. D. S., Haloho, K. A., Aini, N., & Pangaribuan, T. R. (2021). Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Belajar Sambil Bermain Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar, 359–364.

Sakdah, M. S., Prastowo, A., & Anas, N. (2021). Implementasi kahoot sebagai media pembelajaran berbasis game based learning terhadap hasil belajar dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 487–497.

Silvester, M. P., Purnasari, P. D., Saputro, T. V. D., & Usman, S. E. (2024). Melangkah ke Era Digital: Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi. Mega Press Nusantara.

Turangan, J. A. (2021). Perhitungan harga pokok penjualan dan harga jual produk untuk keberlangsungan Umkm Dapur Pipit, Jambi. Prosiding Senapenmas, 735–742.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.