Strategi Marketing Mix dan Inovasi Produk untuk Peningkatan Nilai Tambah Produk Perikanan
Abstract
Kabupaten Pasuruan memiliki potensi besar dalam pengembangan hasil perikanan dan rumput laut jenis Gracillaria sp., khususnya di wilayah pesisir. Meskipun demikian, produk olahan masih terbatas pada skala lokal karena adanya kendala dalam branding, pemasaran digital, dan inovasi produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi marketing mix (7P), produktivitas, serta dampak ekonomi pada Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) Mina Barokah Baru di Kecamatan Rejoso. Metode yang digunakan meliputi observasi lapangan, wawancara terstruktur, serta studi literatur untuk mengidentifikasi permasalahan dan merumuskan solusi yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi marketing mix—terutama diversifikasi produk, desain kemasan, promosi digital, dan manajemen harga—mampu meningkatkan daya saing dan omzet kelompok usaha. Selain itu, pemberdayaan UMKM melalui pelatihan, penyediaan akses peralatan produksi, dan sertifikasi halal berkontribusi terhadap peningkatan nilai tambah, keberlanjutan usaha, serta kepercayaan konsumen. Peningkatan kapasitas produksi yang didukung oleh penguatan branding diharapkan dapat memperluas jangkauan pasar, memperkuat ketahanan ekonomi lokal, dan mendorong kemandirian masyarakat pesisir.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anis Okta Cahyaningrum, Agung Utama, Tony Wijaya, W Winarno, & Rullyana P. Mamengko. (2023). Marketing and Finance Management Training for Micro Small and Medium Enterprises Instructions for Sleman Creative House. Salus Publica: Journal of Community Service, 1(1), 6–12. https://doi.org/10.58905/saluspublica.v1i1.52
Astuti, H., Wijaya, S., & Agustina, M. (2023). Implementasi Marketing Mix 7P Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.33366/ref.v11i1.4416
Cotas, J., Tavares, J. O., Silva, R., & Pereira, L. (2024). Seaweed as a Safe Nutraceutical Food: How to Increase Human Welfare? Nutraceuticals, 4(3), 323–362. https://doi.org/10.3390/nutraceuticals4030020
Gambaran Umum Kabupaten Pasuruan. (n.d.).
He-He Tian;, Xu-Hui Huang;, & Lei Qin. (2023). Insights into application progress of seafood processing technologies and their implications on flavor: a review. Critical Reviews in Food Science and Nutrition, 64(33), 13259–13274. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/10408398.2023.2263893
Kolb, D. A., Boyatzis, R. E., & Mainemelis, C. (2014). Experiential learning theory: Previous research and new directions. Perspectives on Thinking, Learning, and Cognitive Styles, 216, 227–247. https://doi.org/10.4324/9781410605986-9
Kumar, G., Murty, A., Savitha, G. R., Rao, S., Padhy, S., & Miyan, R. (2025). Driving Financial Success: Analyzing the Influence of Financial Management Expertise on Enhancing SME Performance. International Review of Management and Marketing , 15(5), 107–115. https://doi.org/10.32479/irmm.19488
Mang’ana, K. M., Ndyetabula, D. W., & Hokororo, S. J. (2023). Financial management practices and performance of agricultural small and medium enterprises in Tanzania. Social Sciences and Humanities Open, 7(1), 100494. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100494
Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Nomer 12 Tahun 2010 Tentang Rencana Tata Ruang Kabupaten Pasuruan 2009-2029. (2010).
Phillips, J. D. P. S. A. A. R. K. J. M. L. H. J. G. (1983). Pettinati JD, Ackerman Comparative analysis of meat samples prepared with food chopper and bowl cutter. J Assoc Off Anal Chem., 66(3), 759–765.
Pratama, N. P., & Hadi, A. S. (2025). Penerapan marketing mix 7P dan business model canvas dalam pengembangan UMKM makanan ringan. 01(01), 31–39.
Rahim, A. R., Firmani, U., & Utami, D. R. (2024). MODEL OPTIMASI KUALITAS DAN PERTUMBUHAN RUMPUT LAUT Gracilaria verrucosa ( Gracilariaceae : Gracilariales ) Di TAMBAK EKSTENSIF. Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 14(1), 28–37.
Roffia, P., Benavides, M. M., & Carrilero, A. (2024). Cost accounting practices in SMEs: liability of age and other factors that hinder or burst its implementation in turbulent years. International Entrepreneurship and Management Journal, 20(1), 115–139. https://doi.org/10.1007/s11365-023-00938-2
Shannon, E., & Abu-Ghannam, N. (2019). Seaweeds as nutraceuticals for health and nutrition. Phycologia, 58(5), 563–577. https://doi.org/10.1080/00318884.2019.1640533
Sloth, J. J., & Holdt, S. L. (2021). Setting the standards for seaweed analysis. In New Food. Russell Publishing Ltd.: Kent, UK.
Tambunan, T. (2019). Recent evidence of the development of micro, small and medium enterprises in Indonesia. Journal of Global Entrepreneurship Research, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40497-018-0140-4
Tren Belanja Online 2025: Teknologi dan Perilaku Konsumen. (n.d.).
Tur, J. A., & Bibiloni, M. M. (2016). Functional Foods. In B. Caballero, P. M. Finglas, & F. Toldrá (Eds.), The Encyclopedia of Food and Health. Academic Press.
Zebua, M. S., Zebua, E., & Gea, N. E. (2024). Analisis Penerapan Strategi Marketing Mix 7P dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Pasar HP Kota Gunungsitoli. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 287–295. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10457
Refbacks
- There are currently no refbacks.


