Transformasi Guru dan Siswa Modul Gemini AI dalam Ekosistem Informatika di Sekolah Menengah Atas
Abstract
Jakarta dengan mengintegrasikan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) ke dalam ekosistem pembelajaran. Inisiatif ini berusaha mengatasi tantangan seperti metode pengajaran konvensional, materi yang tidak mutakhir, dan keterbatasan kompetensi guru dalam teknologi AI. Metodologi yang diterapkan menggunakan pendekatan partisipatif, diawali dengan analisis kebutuhan, dilanjutkan dengan pengembangan kolaboratif modul ajar interaktif menggunakan alat Gemini AI. Program ini juga mencakup pelatihan guru intensif berbasis praktik dan implementasi modul selama satu bulan di kelas informatika, yang puncaknya adalah evaluasi metode campuran menggunakan kuesioner dan diskusi kelompok terfokus. Hasilnya menunjukkan dampak positif yang signifikan: 95,6% siswa mengalami peningkatan pemahaman konsep informatika, dan 90% guru melaporkan peningkatan kepercayaan diri dalam mengintegrasikan AI ke dalam pengajaran mereka. Modul berbasis AI berhasil menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menarik, memupuk kreativitas siswa, yang dibuktikan dengan proyek AI yang dipimpin siswa. Kegiatan ini menyimpulkan bahwa pendekatan berbasis AI sangat efektif untuk merevitalisasi pendidikan informatika. Program ini menyediakan model berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, membangun kapasitas digital guru dan siswa, serta menawarkan referensi bagi sekolah lain dalam menavigasi transformasi digital.
Kata kunci: kecerdasan buatan, pembelajaran informatika, modul ajar, pelatihan guru, revitalisasi pendidikan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akhmedova, M. M. (2025). Gamification and Artificial Intelligence in Language Teaching : Innovative Ways to Enhance Effectiveness. 77–81.
Ammarizky, A. B., Al-ayyubi, I., Fahlefi, M. R., Susilo, B. A., Dzaky, A., & Akbar, F. A. (2024). Pengembangan Sistem Manajemen Tugas Pribadi dan Organisasi dengan Gemini AI Berbasis Web. 4, 289–296.
Ananda, D. R., & Salmiah, M. (2024). Students ’ perceptions on AI technology: Gemini as a writing assistant tool. Linguistics and English Language Teaching Journal, 12(1), 46–54.
Anwar, N. R. (2024). Pelatihan Pengenalan Artificial Intelligence (AI) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru padaTransformasi Digital. Journal of Smart Community Service(JSCS), 2(1), 28–36. https://journal.cahyaedu.com/index.php/jscs/article/view/43/28
Digital, T., Agusta, G. E., & Astriawati, N. (2025). Pelatihan Moodle untuk Guru Kreatif dalam rangka. 04(01), 52–59.
Fitriyah, L., Munawwaroh, F., Rohmah, L., Umami, L., & Fitriyah, N. (2023). Pengembangan Modul Pelatihan dan Bahan Konseling bagi Konselor Sebaya Remaja di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 994–1005. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/view/379%0Ahttps://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/download/379/353
Gunawan, W., Hasanudin, M., & Ridwan, W. (2024). Pembelajaran Algoritma Naïve Bayes dan Apriori untuk Siswa SMK Media Informatika Jakarta. 3(1), 90–98.
Hakim, L., Santoso, H., Yusuf, M., & Afiyati, A. (2024). Sosialisasi Peran Teknologi Artificial Inteligence untuk Klasifikasi Status Sosial Masyarakat DKI Jakarta. Jurnal Abdidas, 5(3), 97–102. https://mail.abdidas.org/index.php/abdidas/article/view/902%0Ahttps://mail.abdidas.org/index.php/abdidas/article/download/902/629
Hasanudin, M., Rifqi, M., & Prihandi, I. (2023). Pelatihan Komputer dan Penggunaan Microsoft Word Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Di Homeschooling Lantaburo Kabupaten Tangerang. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 5(2), 131–138. https://doi.org/10.35970/madani.v5i2.1815
Okafor, P. C., & Nnebedum, C. (2025). International Journal of Research ( IJR ) Challenges And Measures to Improve Utilization of Artificial Intelligence in Management of Public Secondary Schools in Anambra State. May. https://doi.org/10.5281/ZENODO.15534383
Saili, J., Mustapa, M., & Arishin, S. S. (2024). Chatbot AI GPT : Transformasi Pengajaran Falsafah dan Isu Semasa Era Digital Chatbot AI GPT : Transforming the Teaching of Philosophy and Current Issues in the Digital Era. 11(2), 100–115.
Solechan, S., Afif, Z. N., Sunardi, S., & Masrufa, B. (2023). Pelatihan dan pendampingan tentang strategi Kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi Guru bidang profesional Di SMA Primaganda Jombang. An Naf’ah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 135–146. https://doi.org/10.54437/annafah.v1i2.1269
Styawati, S., Isnain, A. R., Hendrastuty, N., & Andraini, L. (2021). Comparison of Support Vector Machine and Naïve Bayes on Twitter Data Sentiment Analysis. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 6(1), 56–60. https://doi.org/10.30591/jpit.v6i1.3245
Thajchayapong, P., & Goel, A. K. (2025). Personalized Learning through AI-Driven Data Pipeline Personalized Learning through AI-Driven Framework A4L Architecture. 111–114.
Ulum, B., Fatimah, E., Hayati, N., Margio Reta, E., & Rosyid, A. (2023). Konsep Dan Penerapan Kurikulum Mbkm (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Jurnal Citra Pendidikan, 3(1), 671–675. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i1.1456
Vazou, S., Webster, C. A., Stewart, G., Candal, P., Egan, C. A., Pennell, A., & Russ, L. B. (2020). A Systematic Review and Qualitative Synthesis Resulting in a Typology of Elementary Classroom Movement Integration Interventions. Sports Medicine - Open, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.1186/s40798-019-0218-8
Hasanudin, M., Riskinanti, K., Santoso, H., Novrizal, K., Lestari, M., & Afiyati, A. (2025). Improving Inclusive Students Competence through 3D Flashcard Animation-Based Animal Exploration. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.