Pembinaan Pengrajin Tenun dalam Membangun Identitas Merek Melalui Kemasan Ramah Lingkungan

Bayu Wahyudi, Nidya Wisudawati, Tuwandi Juniarto, Bagus Pratama Meidyo Iskandar, Faris Daffa Akbar, Wanda Puspita Sari, Intan Yuliana, Indo Esa, Muhammad Akhdan Maulana, Dewanda Putri Ruditya, Dicky Satria, Syafaatum Munawaroh, Putri Agustriani, Muhammad Gilang Maulana, Amalia Khoirunnisa

Abstract

Meningkatnya kesadaran akan dampak lingkungan dari kemasan plastik mendorong pentingnya penerapan kemasan ramah lingkungan di berbagai industri, termasuk industri kain tenun. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku usaha kain tenun di Desa Simpang Empat, Kecamatan Jejawi, Kabupaten Ogan Komering Ilir dalam pengembangan kemasan ramah lingkungan dan branding produk untuk meningkatkan daya saing di pasar. Metode yang digunakan meliputi observasi, survei kebutuhan mitra, penyusunan materi pelatihan, pelaksanaan sesi pelatihan, dan evaluasi efektivitas program dengan melibatkan 24 peserta. Hasil kuesioner awal menunjukkan bahwa 62,5% peserta memiliki pemahaman terbatas terhadap konsep kemasan ramah lingkungan, dengan kendala utama berupa harga yang lebih mahal (41,7%), keterbatasan ketersediaan bahan (33,3%), dan kurangnya informasi edukasi (25%). Setelah pelatihan, 100% peserta menyatakan mendapatkan wawasan baru tentang manfaat kemasan ramah lingkungan, dengan 33,3% peserta menilai materi sangat jelas dan 37,5% menilai relevansi materi sangat sesuai dengan kebutuhan bisnis. Keberlanjutan program akan dilakukan melalui pendampingan desain kemasan, pemilihan material kemasan lokal yang ramah lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat dalam produksi kemasan berkelanjutan. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman peserta tentang kemasan ramah lingkungan dan mendukung upaya pengurangan sampah plastik serta kelestarian lingkungan.

Kata kunci: kemasan ramah lingkungan, branding, kain tenun, pengembangan UMKM, pengabdian kepada masyarakat

Full Text:

PDF

References

Aini, E. N., & Walyoto, S. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kemasan Ramah Lingkungan terhadap Keputusan pembelian (Studi pada Konsumen Starbucks di Surakarta). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3), 1–13.

Amaliah, T. H. (2022). Pelatihan Desain Kemasan Ramah Lingkungan pada Produk Limbah Plastik di Kawasan Teluk Tomini. Mopolyio: Jurnal Pengabdian Ekonomi, 2(1), 57–62.

Borela, V. T., & Apolinar, D. A. D. (2020). Banana Peel Cellulose Nanofibers (CNFs) as Retrofitting Material to Soy-Protein in Manufacturing Biodegradable Food Packaging. Journal of Scientific Research in Medical and Biological Sciences, 1(1), 10–29. https://doi.org/10.47631/jsrmbs.v1i1.22

Boz, Z., Korhonen, V., & Sand, C. K. (2020). Consumer considerations for the implementation of sustainable packaging: A review. Sustainability (Switzerland), 12(6), 1–34. https://doi.org/10.3390/su12062192

Erfina, I., Safar, M., Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., Dewi, S. S., Damayanti, W., & Yulita. (2022). Pemanfaatan Limbah Kulit Kacang Tanah Dan Sekam Padi Dalam Pembuatan Biofoam Kemasan Ramah Lingkungan. Seminar Nasional Paedagoria, 2(2), 351–360.

Guillard, V., Gaucel, S., Fornaciari, C., Angellier-Coussy, H., Buche, P., & Gontard, N. (2018). The Next Generation of Sustainable Food Packaging to Preserve Our Environment in a Circular Economy Context. Frontiers in Nutrition, 5(December), 1–13. https://doi.org/10.3389/fnut.2018.00121

Hanifah, P. D., Lesmana, V. F., Manika, S. A., & Handayani, M. N. (2025). Tinjauan Sistematis Peningkatan Ketahanan Kemasan Ramah Lingkungan Berbasis Pati Singkong. Jurnal Serambi Engineering, 10(1), 12087–12096.

Jestratijevic, I., & Vrabič-Brodnjak, U. (2022). Sustainable and Innovative Packaging Solutions in the Fashion Industry: Global Report. Sustainability (Switzerland), 14, 1–14. https://doi.org/10.3390/su142013476

Kozik, N. (2020). Sustainable packaging as a tool for global sustainable development. SHS Web of Conferences, 74, 04012. https://doi.org/10.1051/shsconf/20207404012

Pasaribu, M. K., Larasati, A. N., Siahaan, D. F., & Manik, B. (2023). Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM Tahu Sumedang Putri Deli Medan melalui Kemasan Ramah Lingkungan dan Strategi Digital Marketing. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 57–67. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i1.275

Pires, J. R. A., Souza, V. G. L., Fuciños, P., Pastrana, L., & Fernando, A. L. (2022). Methodologies to Assess the Biodegradability of Bio-Based Polymers—Current Knowledge and Existing Gaps. Polymers, 14, 1–24. https://doi.org/10.3390/polym14071359

Reynaldi, M., Lita, R. P., & Maruf. (2023). Pengaruh The Theory of Planned Behavior terhadap Minat Beralih Menggunakan Kemasan Ramah Lingkungan. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5(2), 573–580. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i2.577

Santi, R., Garrone, P., Iannantuoni, M., & Del Curto, B. (2022). Sustainable Food Packaging: An Integrative Framework. Sustainability (Switzerland), 14(13), 1–17. https://doi.org/10.3390/su14138045

Santoso, R., & Riyanto, D. Y. (2023). Pendampingan dan pelatihan desain kemasan untuk meningkatkan penjualan produk UMKM. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 7(3), 429–447. https://doi.org/10.20473/jlm.v7i3.2023.429-447

Sofiani, & Yulia, T. P. (2024). Pengaruh Kemasan Food & Beverage Ramah Lingkungan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 7(1), 52–57. https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i1.74233

Surya, E. P., Wijaya, G. A., Sari, K. A., Aruna, A., & Iriaji. (2023). Pengembangan Kemasan Ramah Lingkungan sebagai Dukungan untuk Keberlanjutan dalam Industri Ecomarketing di Kampung Industri Tempe Sanan. Prosidding Seminar Internasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian, 6(18), 1385–1399.

Wicaksana, I., Adhi, S. R., & Primadhita, Y. (2024). Inovasi kemasan ramah lingkungan sebagai strategi menciptakan nilai tambah produk pangan lokal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(6), 5750–5760. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.26864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.