Pelatihan Pembuatan Dashboard dan Visualisasi Data dengan Looker Studio untuk Penguatan Literasi Data dan Digital
Abstract
Revolusi Industri 4.0 membuat teknologi informasi berkembang dengan pesat sehingga membawa dampak yang sangat signifikan pada sektor industri. Pilar-pilar utama teknologi pada Industri 4.0 diantaranya Big Data, Artificial Intelligence, Cloud Computing, Internet of Things (IoT), dan lainnya. Dalam implementasi teknologi tersebut dibutuhkan persiapan SDM yang memiliki kemampuan penunjang seperti literasi data, literasi digital, high skill, kemampuan kolaborasi, dan kemampuan analitis yang baik. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk penguatan literasi data dan digital melalui peningkatan keterampilan visualisasi data, pengolahan data, dan membuat dashboard menjadi interaktif dengan menggunakan Looker Studio. Sasaran PkM adalah guru dari multi-disiplin ilmu dan generasi Z di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh 130 peserta. Pelaksanaan PkM terdiri atas pre-test, penyampaian materi, dan post-test. Secara kuantitatif, evaluasi PkM diukur berdasarkan perbandingan hasil pre-test dan post-test. Diperoleh bahwa terdapat peningkatan rata-rata kemampuan peserta pelatihan sebesar 78,72% dari rata-rata sebelum pelatihan diberikan. Selain itu, evaluasi PkM juga dilihat secara kualitatif melalui kuesioner. Sebanyak 59,23% peserta menyatakan “Sangat Setuju” dan 36,15% menyatakan “Setuju” bahwa materi pelatihan bermanfaat untuk wawasan dan karir peserta. Melalui PkM ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan peserta dalam memperoleh insight dari data yang kompleks serta memonitoring laporan yang mampu diperbarui secara real time.
Kata kunci: dashboard, literasi data, looker studio, visualisasi data
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aoun, J. E. (2017). Robot-proof: Higher education in the age of artificial intelligence. In Robot-Proof: Higher Education in the Age of Artificial Intelligence. https://doi.org/10.1080/02607476.2018.1500792
Davenport, T. H., & Patil, D. J. (2012, October). Data Scientist: The Sexiest Job of the 21st Century. Harvard Business Review. https://hbr.org/2012/10/data-scientist-the-sexiest-job-of-the-21st-century
Har, L. L., Rashid, U. K., Chuan, L. Te, Sen, S. C., & Xia, L. Y. (2022). Revolution of Retail Industry: From Perspective of Retail 1.0 to 4.0. Procedia Computer Science, 200. https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.01.362
Industri, R., Tantangan, D. A. N., & Sosial, P. (2018). Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(5). https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4417
Mustofa, M., & Budiwati, B. H. (2019). Proses Literasi Digital Terhadap Anak: Tantangan Pendidikan di Zaman Now. Pustakaloka, 11(1). https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v11i1.1619
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2). https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Puspa, S. D., Riyono, J., Puspitasari, F., & Pujiastuti, C. E. (2022). Peningkatan Keterampilan Guru Melalui Pelatihan Dasar Coding dan Analisis Data Statistik untuk Mendukung Revolusi Industri 4.0. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMIN), 4(2).
Sipahutar, R. J. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Literasi Digital pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Usia Dini, 9(1). https://doi.org/10.24114/jud.v9i1.47817
Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343
Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12380–12394. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4428
Wiratmo, L. B. (2020). Kompetensi Literasi Digital Orang Tua dan Pola Pendampingan pada Anak dalam Pemanfaatan Media Digital. Representamen, 6(02). https://doi.org/10.30996/representamen.v6i02.4269
Refbacks
- There are currently no refbacks.