Pelatihan dan Penyuluhan Budidaya Ikan Gurami dengan Perhitungan Persediaan Pakan yang Optimal pada Warga Desa Tebel, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo

Zainal Arief, I Nyoman Lokajaya, Ahmad Ridhoi, Siti Muhimatul Khoiroh

Abstract

Wilayah Desa Tebel, Kec. Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, merupakan daerah perbatasan dengan kota Surabaya yang masyarakatnya masih mempunyai lahan yang cukup dan cocok untuk budidaya ikan. Daerah ini memiliki letak strategis untuk budi daya ikan dan pemasaran ikan Gurami, yang relatif mudah karena banyak masyarakat yang menyukai hidangan ikan ini, baik itu Gurami bakar, Gurami goreng, dan Gurami Penyet. Ikan Gurami merupakan ikan yang relatif mudah untuk dibudidayakan. Kandungan gizi ikan Gurami cukup bagus untuk tumbuh kembang otak anak. Harga ikan Gurami cukup bersaing. Taraf kehidupan masyarakat dengan tingkat pendidikan yang relatif tidak terlalu tinggi, banyak para pemuda yang tidak terserap di dunia kerja formal sehingga terlihat banyak pemuda yang masih dalam keadaan menganggur. Pemberdayaan pemuda desa yang lebih baik dan kelak menjadi seorang wirausaha yang sukses yang akan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Teknik Industri Universitas 17 Agustus 1945 merupakan bakti nyata yang dapat dilakukan saat ini dengan kegiatan pelatihan dan penyuluhan budidaya ikan Gurami dengan memberikan ilmu dan pengetahuan cara budidaya yang tepat dengan memanfaatkan lahan yang ada dan dengan memperhitungkan jumlah persediaan pakan yang optimal, sehingga biaya menjadi efisien dan masyarakat bisa merasakan hasil budidaya ikan Guraminya dengan maksimal, mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan kebutuhan gizi akan lauk pauk rumah tangga serta mengurangi pengangguran akibat pemutusan hubungan kerja akibat adanya virus COVID 19 yang lalu dan dampak penurunan ekonomi global saat ini

References

Anggradinata, L. P. (2020). Membangun Kolam Ikan Gurame dari Terpal. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Jumaidi, A., Yulianto, H., & Efendi, H. (2016). Pengaruh Debit Air Terhadap Perbaikan Kualitas Air pada Sistem Resirkulasi dan Hubungannya dengan Sintasan dan Pertumbuhan Benih Ikan Gurami (Osphronemus gouramy). E-Jurnal Rekayasa Dan Teknologi Budidaya Perairan, 5(2), 587‒596.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2023). Pandemi Covid-19 Dan Menurunnya Perekonomian Indonesia. Https://Www.Djkn.Kemenkeu.Go.Id/Artikel/Baca/16064/Pandemi-Covid-19-Dan-Menurun Nya- Perekonomian-Indonesia.Html.

Kottelat, M., & Whitten, A. (1993). Freshwater fishes of western Indonesia and Sulawesi. Periplus Editions Limited. Jakarta.

Ma’arif, S. (2017). Cara Sukses Budidaya Ikan Gurami. Bio Genesis. Yogyakarta.

Munawaroh, M., Hasnah, R., & Fajarwati. (2016). Kewirausahaan Untuk Program Strata 1. Lembaga Pengembangan Pendidikan, Penelitian dan Masyarakat. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Patmawati, H., Sumarsih, E., Wahyuningsih, S., Mansyur, M. Z., & Rahmat. (2022). Budidaya Ikan Gurami (Ospheronemus Gouramy) dalam Kolam Bundar Pada Kelompok Pemuda Sabilulungan di Sindangkasih Ciamis. Agrokreatif, 8(1), 59–66.

Saparinto, C. (2011). Budidaya Gurame di Lahan Terbatas. Lily Publisher. Semarang.

Sari, I. P., Yulisman, & Muslim. (2017). Laju pertumbuhan dan efisiensi pakan ikan nila (Oreochromis niloticus) yang dipelihara dalam kolam terpal yang dipuasakan secara periodik. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia, 5(1), 45–55.

Subandi, & Asiyah, N. (2019). Pendampingan Ekonomi Melalui Program Pembuatan Pakan Alternatif (Ampas Tahu dan Daun Talas) Pada Komunitas Peternak Ikan Gurame Sebagai Upaya Kemandirian Ekonomi Kerakyatan di Metro Utara Kota Metro. Madani Jaya. Bandar Lampung.

Veronika, N. (2023). Cara Budidaya Ikan Gurame Unggul yang Berkualitas. Https://Www. Gramedia.Com/Best-Seller/Budidaya-Ikan-Gurame/.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.