Perancangan Desain Produk Furniture Sederhana dengan Konsep Mix Material sebagai Inovasi Baru dalam Meningkatkan Produksi Mitra UMKM (Studi Kasus CV. Restu Ibu, Sidayu, Gresik)

Choirul Anam, Shah Khadafi, Brina Oktafiana, Wahyu Yoga Aditya

Abstract

Gresik merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang terkenal dengan sebutan Kota Industri karena Kabupaten Gresik menjadi kawasan industri-industri besar dan juga usaha kecil. CV. Restu Ibu merupakan salah satu usaha kecil menengah yang memproduksi furnitur selama 20 tahun. Seiring perkembangan jaman diperlukan pengembangan desain dengan cara melakukan kombinasi material utama dengan bahan pendukung yaitu kayu dengan resin. Karena gabungan kayu dan resin merupakan material yang sedang tren untuk produk furnitur. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu dibagi menjadi 2 tahap, tahap studi lapangan dan pustaka dilanjutkan dengan identifikasi masalah. Setelah tahapan pertama selesai dilaksanakan, dilakukan tahap desain dan produksi. Berikut alur pelaksanaan kegiatan PKM. Berdasarkan analisis data, produk yang akan dipilih adalah nakas 2 pintu dengan sistem rel. Dapat disimpulkan, desain nakas adalah inovasi baru dan material yang digunakan merupakan kombinasi yang tepat, sehingga dapat meningkatkan penjualan dan produksi untuk mitra

Full Text:

PDF

References

Amany, A. M., Nurhidayat, M., & Setiawan, A. F. (n.d.). Perancangan Meja Nakas Bergaya Kontemporer Berdasarkan Aspek Rupa dan Material Pada Studi Kasus Modico Studio.

Eskak, E. (n.d.). Metode Pembangkitan Ide Kreatif dalam Penciptaan Seni.

Regita, A. N. (2022, December 1). Gresik, Kota Industri dengan Destinasi Wisata yang Menarik. https://kumparan.com/ade-nia-regita/gresik-kota-industri-dengan-destinasi-wisata-yang-menarik-1zLNIJNdmxs

Rivaldo, M., & Nurhidayat, M. (n.d.). Pengembangan Desain Furnitur Nakas Berdasarkan Aspek Visual dan Material Developing End Table Furnitur Design Based On Visual And Material Aspect.

Sunaryo, C. F., Mulyono, G., & Tanaya, F. (2019). Perancangan Set Furnitur untuk Public Space dengan Pemanfaatan Limbah Kayu Jati dan Resin. Jurnal Intra, 7(2019), 893–901.

Wahyudi, I. (2014). Karakteristik dan Sifat-Sifat Dasar Kayu Jati Unggul Umur 4 dan 5 Tahun Asal Jawa Barat (Characteristics and Basic Properties of 4 and 5 year-old of Superior Teakwoods from West Java). In Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia (JIPI) (Vol. 19, Issue 1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.