Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Akun E-commerce Guna Menunjang Transformasi Digital UKM Minuman Herbal di Kec. Wonokromo

Norita Prasetya Wardhani, Chauliah Fatma Putri, Hastawati Chrisna Suroso

Abstract

Pelatihan mengenai transformasi digital sangat perlu ditingkatkan guna membantu mitra minuman herbal Ibu Amenah yang terletak di kec. Wonokromo Surabaya. Kegiatan ini dilatar belakangi oleh adanya keluhan mitra mengenai berkurangnya pembeli pasca covid-19 telah usai. Oleh karenanya, setelah dilakukan identifikasi masalah, maka tim pengabdian melakukan kegiatan pelatihan dimulai dengan pendaftaran dan implementasi penjualan melalui e-commerce untuk meningkatkan dan memperluas pasar penjualan dari minuman herbal ini. Pelatihan ini dilakukan dengan memberikan materi dan praktik langsung dalam pelaksanaan penjualan secara online malalui market place shopee food. Pelatihan ini diikuti oleh mitra usaha sejumlah lima orang yang merupakan pekerja dari minuman herbal Ibu Amenah. Output dari kegiatan ini adalah meningkatnya kapabilitas mitra terutama pada platform digital dalam usaha memasarkan produknya agar meningkatkan penjualan minuman herbal

Full Text:

PDF

References

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2).

Kusumo, A. R., Wiyoga, F. Y., Perdana, H. P., Khairunnisa, I., Suhandi, R. I., & Prastika, S. S. (2020). Jamu Tradisional Indonesia: Tingkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami Selama Pandemi. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(2), 465. https://doi.org/10.20473/jlm.v4i2.2020.465-471

Lavenia, C., Adam, A. R., Dyasti, J. A., & Febrianti, N. (2019). Tumbuhan Herbal dan Kandungan Senyawa pada Jamu sebagai Obat Tradisional di Desa Kayumas, Situbondo (Studi Ethnobotani). Jurnal KSM Eka Prasetya UI, Oktober, 1(5).

Lia Isnawati, D. (2021). Minuman Jamu Tradisional Sebagai Kearifan Lokal Masyarakat di Kerajaan Majapahit pada Abad Ke-14 Masehi. Journal Pendidikan Sejarah, 11(2). https://www.google.com./amp/s/www.goodnewsfromindonesia.id/2017/0

Niode, I. Y. (2009). SEKTOR UMKM DI INDONESIA : Profil, Masalah, dan Strategi Pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis OIKOS-NOMOS, 2(1).

Ratna, U. N., & Fua, L. J. (2020). Jahe Peningkat Sistem Imun Tubuh di Era Pandemi Covid-19 di Kelurahan Kadia Kota Kendari. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.35311/jmpm.v1i2.11

Reza Rahman, M., Rizki Oktavianto, M., & Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, M. (n.d.). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia.

Savitri, A. S. N., Umar, A. U. A. Al, Fitriani, A., Mustofa, M. T. L., & Arinta, Y. N. (2020). Dampak dan Strategi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Masa Pandemi Dan Era New Normal. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1433–1437.

Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam Perekonomian Indonesia. Bilancia, 11(1).

Suci, R. Y. (n.d.). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.