Penerapan Aplikasi Pengarsipan Berbasis Website di Desa Pondokkelor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo

Anis Yusrotun Nadhiroh, Linda Uswatun Hasanah

Abstract

Di era digitalisasi dan perkembangan teknologi informasi saat ini, penggunaan sistem informasi menjadi kebutuhan yang sangat penting, begitu pula dalam pengelolaan arsip surat masuk dan keluar yang merupakan bagian penting dari aktivitas administrasi dalam suatu instansi atau Lembaga termasuk di Desa Pondokkelor. Balai Desa pondokkelor sebagai salah satu unit pemerintahan setingkat desa juga menghadapi tantangan dalam mengelola arsip surat secara manual menjadi kurang efektif dan efisien. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu dengan dikembangkan sebuah aplikasi pengarsipan berbasis website sehingga dapat mempermudah perangkat Desa dalam melakukan pengelolaan sistem pengarsipannya. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari tahap pengumpulan data, tahap pembuatan aplikasi, dan tahap penerapan aplikasi di Desa Pondokkelor.

Full Text:

PDF

References

Anggraeni, D. dan Iriani, S, (2016), Sistem Informasi Pengarsipan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Kantor Kecamatan Pringkuku. Bianglala Informatika, Vol. 4, No. 2, 2016.

Farell, G., Saputra, H. K., dan Novid, I., (2018), Rancang Bangun Sistem Informasi Pengarsipan Surat Menyurat (Studi Kasus Fakultas Teknik UNP), Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan (JTIP), Vol. 11, No. 2, 2018.

Fitri, T. A., Nasution, T., dan Herwin, (2015), Pengembangan Model Pelayanan Kantor Desa terhadap Masyarakat Berbasis Mobile Computing. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), Vol. 1, No. 2, hal. 116– 121. https://doi.org/10.26418/jp.v1i2.12559

Jaja, R., Herry, B., dan Afandi, M., (2014), Buku Pintar Sistrem Administrasi dan Informasi Desa. Jakarta.

Septiani, N. A. dan Haitami, D., (2020), Perancangan Sistem Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar pada Desa Kampung Besar Menggunakan Metode Alphabetical Filing dan Chronology System, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol. 20, No. 2, hal. 514-518.

Mustofa, M. I. dan Mustofa, Z., (2018), Sistem Kearsipan Administrasi Desa berbasis Web. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS.

Pawana, M. G., Suharsono, N., dan Kirna, I. M., (2016), Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Proyek Dengan Model ADDIE Pada Materi Pemrograman Web Siswa Kelas X Semester Genap di SMK Negeri 3 Singaraja, E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 6, No. 1, 2016.

Simangunsong, A. (2018). Sistem Informasi Pengarsipan Dokumen Berbasis Web. Sistem Informasi Pengarsipan Dokumen Berbasis Web, Junral Mantik Penusa, Vol. 2, No. 1.

Wati, M. dan Despahari, E., (2018), Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil Kelurahan di Kecamatan Marangkayu Kutai Kartanegara. Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi, Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi, Vol. 2, No. 1, https://doi.org/10.30872/JURTI.V2I1.1379

Prayogi, Y. R., Hardiansyah, F. H., Ramadijanti, N., Ahsan, A. S., Erifani, U., (2020), Penerapan Aplikasi pelayanan Desa Berbasis Mobile dengan Konsep SMART Village di Desa Pengantenan, Kecamatan Pengatenan, Kabupaten Pamekasan, Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, Vol. 4, No. 1, November 2020.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.