Pendampingan Usaha UMKM Fajar dalam Menghadapi Dampak Pandemi COVID-19

Adiati Trihastuti, Erma Yuliaty, Siti Mundari

Abstract

Pandemi Covid-19 memberi dampak terhadap penurunan pendapatan masyarakat. Dampak ini terlihat dari banyaknya Usaha Mikro Kecil Menengah yang terpaksa  menutup usahanya, salah satunya adalah UMKM Fajar yang memiliki usaha memproduksi gantungan baju. UMKM ini terpaksa menutup usahanya       dikarenakan toko maupun usaha laundry yang biasa membeli produknya sudah tidak membeli lagi, sehingga penjualan gantungan baju menurun drastis. UMKM Fajar beralih memproduksi sabun cuci piring dikarenakan produk sabun cuci piring dibutuhkan oleh masyarakat. Permasalahan yang dialami UMKM Fajar adalah kurangnya kualitas sabun cuci piring yang diproduksi, belum dapat melakukan perhitungan Harga Pokok Produksi serta harga jual, tidak dapat membuat pembukuan dan laporan laba rugi, serta belum mengerti cara memasarkan ditengah situasi pandemi Covid-19. Oleh karena itu, dilakukan pendampingan manajemen usaha dan pemasaran yang meliputi pelatihan meningkatkan kualitas sabun yang layak jual, menghitung harga pokok produksi dan harga jual, membuat pembukuan sederhana dan laporan laba rugi, serta pelatihan pemasaran dengan prinsip 4P. Pendampingan yang telah dilakukan memberikan dampak berupa peningkatan penjualan, UMKM Fajar semakin berkembang, dan kesejahteraan pemilik UMKM meningkat

Full Text:

PDF

References

Amilia, S., & Syardiansah, S. (2021). Analisis Bauran Pemasaran Kerajinan Anyaman Tikar Pandan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Motivasi, 17(1), 1. https://doi.org/10.29406/jmm.v17i1.2623

Daljono. (2015). Akuntansi Biaya-Penentuan Harga Pokok (3rd ed.). Universitas Diponegoro.

Dewi, J., Ningtyas, A., Pd, S., Si, M., & Pusmanu, P. (2017). Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK-EMKM) (Study Kasus Di UMKM Bintang Malam Pekalongan).

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur) (Vol. 15, Issue 1).

Harker, M., Brennan, R., Kotler, P., & Armstrong, G. (2015). Marketing: An Introduction. Pearson Prentice-Hall In Press.

Jannah, M., & Rivandi, M. (2018). Pengaruh Biaya Pemeliharaan dan Harga Jual terhadap Pendapatan (Studi Kasus Pada PT. Perindustrian dan Perdagangan Lembah Karet).

Kotler, P. (2018). Why broadened marketing has enriched marketing. In AMS Review (Vol. 8, Issues 1–2, pp. 20–22). Springer. https://doi.org/10.1007/s13162-018-0112-4

Machfuzhoh, A., . L.-, & Widyaningsih, I. U. (2020). Pelatihan Pembukuan Sederhana bagi UMKM Menuju UMKM Naik Kelas di Kecamatan Grogol. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.22219/janayu.v1i2.12143

Marendra, I. G. (2018). Marendra definisi produk 2018. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(3).

Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya (5th ed.). Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Mutiara, S., & Falah, A. S. (2016). Analisis Perhitungan (Studi Kasus Pada PT Dasa Windu Agung Analisis Perhit ungan Harga Pokok Produksi Tahu Dengan Met ode Full Cost ing Dan Variable Cost ing Se….

Poluan, F. M. A., Mandey, S. L., & Ogi, I. W. J. (2019). Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi pada Minuman Kesehatan Instant Alvero). 7(3), 2969–2978.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran, Teori, dan Implementasi. Andi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.