Jurnal Sumberdaya Bumi Berkelanjutan (SEMITAN)

cover

Jurnal Sumberdaya Bumi Berkelanjutan (SEMITAN), dipublikasikan oleh Fakultas Teknologi Mineral dan Kelautan (FTMK) di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM-ITATS) bekerjasama dengan Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia Perwakilan Daerah Jawa Timur (PERHAPI JATIM) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia Pengurus Daerah Jawa Timur (IAGI JATIM). Lingkup bidang kelimuan di dalam prosiding ini mencakup; Kebumian (Geologi, Geofisika, Geokima, Geosensing, Paleontologi, Perencanaan wilayah, Mitigasi Kebencanaan, dsb.), Pertambangan (Perencanaan tambang, Geoteknik, Lingkungan, Efektivitas tambang, Valuasi tambang, Pemindahan tanah mekanis, Perpetaan, Ilmu ukur tanah, Gali muat angkut, dsb.), Kelautan (Rancangan kapal, pengelasan, ilmu material, kelistrikan kapal, permesinan kapal, mekanisasi, batimetri, dsb.)

Kontak: semitan@itats.ac.id, website: ejurnal.itats.ac.id/semitan

Publikasi SEMITAN diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Mineral dan Kelautan (FTMK) di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (LPPM - ITATS) dan didukung melalui kerjasama dengan Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia Pengurus Daerah Jawa Timur (PERHAPI JATIM), Ikatan Ahli Geologi Indonesia Perwakilan Daerah Jawa Timur (IAGI JATIM), Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan ITATS (HIMATETA), Himpunan Mahasiswa Geologi ITATS (HMG ITATS), dan Perhimpunan Mahasiswa Teknik Perkapalan ITATS.

Publikasi SEMITAN diselenggarakan pertama kali sejak tahun 2019 dengan menggunakan bentuk publikasi Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan (SEMITAN) dengan ISSN 2686-0651. Bentuk Prosiding memungkinkan SEMITAN untuk melakukan Publikasi Ilmiah hanya sekali setahun. Pada akhirnya di tahun 2021 Prosiding SEMITAN terakhir dipublikasikan pada terbitan Vol. 3, No. 1 (2021).

Melihat animo civitas akademika dan praktisi yang baik, mendorong SEMITAN untuk meningkatkan bentuk terbitan menjadi Jurnal, sehingga di tahun 2022 SEMITAN diputuskan untuk menaikan bentuk terbitannya menjadi Jurnal Sumberdaya Bumi Berkelanjutan (SEMITAN) dimulai dari terbitan Vol. 1, No. 1 (2022). Pergantian SEMITAN menjadi Jurnal menjadikannya bisa melakukan publikasi dua kali di setiap tahunnya, yaitu setiap bulan Juli dan bulan Januari.

Semoga Jurnal Sumberdaya Bumi Berkelanjutan (SEMITAN) menjadi wadah penyebaran karya ilmiah para civitas akademika dan praktisi yang membawa dampak perkembangan ilmu pengetahuan bagi kehidupan.


Dimulai publikasi per tahun 2022, SEMITAN berganti status dari Prosiding Seminar Teknologi Mineral dan Kelautan (SEMITAN) menjadi: Jurnal Sumberdaya Bumi Berkelanjutan (SEMITAN) Vol 1, No 1 (2022)