Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Sumberdaya Bumi Berkelanjutan (SEMITAN)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Jurnal Sumberdaya Bumi Berkelanjutan (SEMITAN) menerbitkan makalah kepada khalayak peneliti teknik internasional. Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan forum pemahaman ilmiah bidang teknik dan memainkan peran penting dalam mempromosikan proses akumulasi pengetahuan, nilai, dan keterampilan yang akan ditransmisikan dari satu generasi ke generasi lainnya; dan untuk membuat metode dan isi penelitian di bidang teknik tersedia bagi industri dan peneliti. Jurnal ini mencakup berbagai topik, termasuk Ilmu Kebumian dan keplanetan, Geologi, Geokimia, Geofisika, Geodesi, Geomatika, Geotek, Mekanika batuan, Teknik pertambangan, Bencana Alam, Pengembangan lahan dan laut, Sumber daya alam, Ilmu lingkungan, Dampak sosial pertambangan dan kegiatan kelautan, Ilmu dan teknologi dalam pemetaan dan survei, Penginderaan jauh optik dan penginderaan jauh radar, Pemodelan Kadaster dan 3D, Teori dan aplikasi Geodinamika, Geospasial, Survei Tanah, Geomarine, Fotogrametri, Teknik Kelautan.

Semua makalah yang dikirimkan ke jurnal tidak boleh diterbitkan atau diajukan untuk publikasi di tempat lain. Bahasa resmi dari naskah yang akan diterbitkan di Jurnal Sumberdaya Bumi Berkelanjutan (SEMITAN) harus dalam bahasa Indonesia, terkecuali bagian abstrak harus menyertakan juga naskah berbahasa Inggris.

 

1. Pedoman Umum

Semua manuskrip harus diserahkan ke Jurnal Sumberdaya Bumi Berkelanjutan (SEMITAN) menggunakan pengiriman online di website kami (https://ejurnal.itats.ac.id/semitan). Penulis harus mendaftar sebagai Penulis (silakan pilih di bagian bawah formulir). Jika penulis memiliki masalah dengan pengiriman online, silakan hubungi Kantor Redaksi di email berikut: semitann@itats.ac.id

 

2. Template Naskah

Naskah harus disiapkan sesuai dengan pedoman penulis berikut dalam template artikel MS Word.

 

3. Review Naskah

Setiap makalah yang dikirimkan ditinjau secara independen oleh setidaknya dua peninjau sejawat. Keputusan untuk publikasi, amandemen, atau penolakan didasarkan pada laporan/rekomendasi mereka dan dibuat oleh Editor. Jika dua atau lebih reviewer menganggap sebuah manuskrip tidak layak untuk dipublikasikan di jurnal ini, pernyataan yang menjelaskan dasar keputusan tersebut akan dikirimkan kepada penulis dalam waktu tiga bulan sejak tanggal pengiriman.

 

4. Revisi Naskah

Naskah yang telah direvisi dapat dikirim ke kantor redaksi melalui Antarmuka Pengiriman Online saja.

 

5. Pedoman Pengajuan Online

Penulis harus terlebih dahulu mendaftar sebagai Penulis melalui alamat berikut:

https://ejurnal.itats.ac.id/semitan/user/register

Penulis harus mengisi formulir sedetail mungkin. Setelah semua kotak teks formulir diisi, Penulis mengklik tombol "Daftar" untuk melanjutkan pendaftaran. Oleh karena itu, Penulis dibawa ke antarmuka pengiriman online di mana Penulis harus mengklik "Pengiriman Baru". Pengajuan akan dilakukan dalam proses pengajuan lima langkah. Berikut adalah lima langkah dalam proses pengajuan online:

Langkah 1 - Memulai Submission: Pilih Artikel di bagian jurnal. Kemudian, Penulis harus memberi tanda centang pada daftar periksa pengiriman.

Langkah 2 – Upload Submission: Untuk mengupload manuskrip ke jurnal ini, klik Browse pada item Upload submission file dan pilih file dokumen manuskrip (.doc/.docx) yang akan dikirimkan, lalu klik tombol "Upload" hingga file telah diunggah.

Langkah 3 – Memasukkan Metadata Pengajuan: Pada langkah ini, metadata penulis terperinci harus dimasukkan termasuk tanda sebagai penulis yang sesuai. Setelah itu, judul naskah dan abstrak harus diunggah dengan menyalin teks dan menempelkannya di kotak teks termasuk kata kunci. Harap perhatikan untuk memasukkan semua detail penulis, bukan hanya penulis pertama.

Langkah 4 – Mengunggah File Tambahan: Pada dasarnya Penulis tidak perlu mengunggah apa pun di sini, kecuali ada data atau gambar yang terpisah dari naskah.

Langkah 5 – Mengonfirmasi Pengajuan: Penulis harus memeriksa dokumen naskah yang diunggah pada langkah ini. Untuk mengirimkan naskah ke Jurnal Sumberdaya Bumi Berkelanjutan (SEMITAN), klik tombol Finish Submission setelah memastikan dokumen valid. Penulis yang sesuai atau kontak utama akan menerima pemberitahuan melalui email dan akan dapat melihat kemajuan kiriman melalui proses editorial dengan masuk ke situs web jurnal.

 

Setelah penyerahan ini, penulis yang mengirimkan naskah akan mendapatkan email konfirmasi tentang penyerahan tersebut. Oleh karena itu, Penulis dapat melacak status kiriman mereka kapan saja dengan masuk ke antarmuka kiriman online. Pelacakan kiriman mencakup status tinjauan naskah dan proses editorial.

 

6. Hak Pengguna

Semua artikel diterbitkan sebagai artikel Akses Terbuka. Ini secara permanen gratis bagi semua orang untuk membaca dan mengunduh.

 

7. Pedoman Penyusunan Naskah

7.1 Organisasi Umum Makalah

Makalah akan diterbitkan di Jurnal Sumberdaya Bumi Berkelanjutan (SEMITAN) setelah melalui proses peer-review dan diputuskan sebagai “Diterima” oleh Editor. Tata letak makalah akhir akan direproduksi oleh Kantor Redaksi Jurnal Sumberdaya Bumi Berkelanjutan (SEMITAN). Tata letak kertas akhir dalam jenis PDF, yang dikenal sebagai "Bukti Tidak Dikoreksi" harus dikoreksi oleh Penulis.

 

Menurut Engelmore dan Morgan [1], isi naskah secara umum harus diatur dalam urutan sebagai berikut: Judul; Nama Penulis; Afiliasi Penulis; Email Penulis; Abstrak (dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia); Kata kunci; Pengantar; Metode; Hasil dan Diskusi; Kesimpulan dan saran; Ucapan terima kasih; dan Referensi.

 

7.2 Judul Bagian

Tiga tingkat heading diperbolehkan sebagai berikut:

1. Level 1 (Heading1 format) - 11pt, Times New Roman bold, rata kiri

2.1. Level 2 (Heading2 format) - 11pt, italic Times New Roman, rata kiri

2.1.1. Level 3 (Heading3 format) - 11pt, Times New Roman, rata kiri

 

7.3 Teks Tubuh

Tubuh teks adalah sekumpulan paragraf teks tubuh yang didefinisikan sebagai berikut:

11pt Times New Roman

Satu spasi

Spasi setelah heading adalah 6 pts (0,21 cm)

Spasi sebelum heading baru adalah 6 pts (0,21 cm) dengan 1 baris kosong

Lekukan untuk baris pertama adalah 1,27 cm

 

 

 

7.4 Bullet dan numbering

Poin dan penomoran dalam teks isi tidak diperbolehkan. Semua kalimat harus diketik sebagai paragraf deskriptif.

 

7.5 Tabel

Tabel diberi nomor urut dengan judul tabel dan nomor di atas tabel. Tabel harus berada di tengah kolom ATAU pada halaman. Elemen tabel harus diberi spasi tunggal. Namun, spasi ganda dapat digunakan untuk menampilkan pengelompokan data atau untuk memisahkan bagian dalam tabel. Judul tabel harus dalam 11pt tidak tebal. Tabel diacu dalam teks dengan nomor tabel, misalnya Tabel 1. Jangan tunjukkan garis vertikal dalam tabel. Hanya ada garis horizontal yang harus ditampilkan dalam tabel, serta judul tabel.

 

Penempatan Tabel harus di atas atau bawah halaman, penempatan tabel setelah paragraf penjelasan tidak wajib, tetapi yang wajib adalah penyebutan tabel dalam paragraf.

 

7.6 Angka

Gambar diberi nomor urut mulai dari 1 dengan judul gambar dan nomor di bawah gambar seperti terlihat pada Gambar 1.

Penempatan gambar harus pada bagian atas atau bawah halaman, penempatan gambar setelah paragraf penjelasan tidak wajib, tetapi yang wajib adalah penyebutan gambar pada paragraf.

 

7.7 Persamaan

Persamaan harus disiapkan menggunakan MS Equation Editor (bukan dalam format gambar). Nomor persamaan harus ditempatkan di sisi kanan persamaan.

 

7.8 Satuan, Singkatan, dan Simbol

Unit metrik lebih disukai dan harus konsisten di seluruh isi teks. Tentukan singkatan dan simbol untuk pertama kalinya saat diperkenalkan dalam teks.

 

7.9 Judul Naskah, Font, dan Spasi

Naskah diketik menggunakan software pengolah kata (Microsoft Word). Font yang digunakan di seluruh kertas adalah Times New Roman. Ukuran kertas A4 (yaitu, 210 x 297 mm), format satu kolom (mirrored-margin) dengan margin 2,5 cm di atas, margin 2,5 cm di bawah, margin 2,5 cm di dalam, dan margin 2,5 cm. cm margin di luar. Garis adalah satu spasi, dibenarkan. Nomor halaman harus disertakan dalam teks yang terletak di bagian footer setiap halaman. Penggunaan kata ganti seperti saya, kami, dll harus dihindari.

 

7.10 Judul Makalah

Ini adalah kesempatan Anda untuk menarik perhatian pembaca. Ingatlah bahwa pembaca adalah calon penulis yang akan mengutip artikel Anda. Identifikasi masalah utama makalah. Mulailah dengan topik makalah. Judul harus akurat, tidak ambigu, spesifik, dan lengkap. Jangan mengandung singkatan yang jarang digunakan.

Judul makalah harus dicetak tebal 12pt Times New Roman, Title Case, dan diletakkan di tengah. Judul harus memiliki 13 poin di atas dan 5 poin di bawah.

 

7.11 Nama Penulis, Afiliasi, dan Email

Tulis nama Pengarang tanpa gelar dan jabatan profesional seperti Prof, Dr, Manajer Produksi, dll. Jangan menyingkat nama belakang/keluarga Anda. Selalu berikan nama depan dan belakang Anda. Tulis afiliasi yang jelas dari semua Penulis. Afiliasi meliputi nama jurusan/unit, (fakultas), nama universitas, alamat, negara. Harap tunjukkan Penulis Korespondensi (sertakan alamat email) dengan menambahkan nomor di superskrip di belakang nama.

Nama penulis dan afiliasi harus dalam 11pt Times New Roman.

 

7.12 Abstrak dan Kata Kunci

Abstrak harus berdiri sendiri, artinya tidak ada kutipan dalam abstrak. Anggap saja itu iklan untuk artikel Anda. Abstrak harus memberi tahu calon pembaca apa yang Anda lakukan dan menyoroti temuan utama. Hindari menggunakan jargon teknis dan singkatan yang tidak umum. Anda harus akurat, singkat, jelas, dan spesifik. Gunakan kata-kata yang mencerminkan makna yang tepat. Abstrak harus tepat dan jujur. Harap ikuti batasan kata (maks. 250 kata). Harap berikan abstrak hanya dalam bahasa Inggris.

Kata kunci adalah label manuskrip Anda dan sangat penting untuk mengoreksi pengindeksan dan pencarian. Oleh karena itu kata kunci harus mewakili konten dan sorotan artikel Anda. Gunakan hanya singkatan yang sudah mapan di lapangan. misalnya DNA. Setiap kata/frasa dalam kata kunci harus dipisahkan dengan titik koma (;), bukan koma (,).

 

7.13 Pendahuluan

Dalam Pendahuluan, Penulis harus menyatakan tujuan pekerjaan di akhir bagian pendahuluan. Sebelum tujuan, Penulis harus memberikan latar belakang yang memadai, dan survei literatur yang sangat singkat untuk merekam solusi / metode yang ada, untuk menunjukkan mana yang terbaik dari penelitian sebelumnya, untuk menunjukkan keterbatasan utama dari penelitian sebelumnya, untuk menunjukkan apa yang ingin Anda capai (untuk mengatasi keterbatasan), dan untuk menunjukkan manfaat ilmiah atau hal baru dari makalah tersebut. Hindari survei literatur rinci atau ringkasan hasil. Jangan menggambarkan survei literatur sebagai penulis demi penulis, tetapi harus disajikan sebagai kelompok per metode atau topik yang diulas yang mengacu pada beberapa jenis literatur.

Contoh pernyataan kebaruan atau pernyataan analisis kesenjangan di akhir bagian Pendahuluan (setelah keadaan mutakhir survei penelitian sebelumnya): “........ (ringkasan latar belakang)...... .Beberapa peneliti fokus pada ....... Ada penelitian terbatas yang bersangkutan tentang ........ Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk ............ .Tujuan dari penelitian ini adalah .........”.

 

7.14 Metode

Metode harus membuat pembaca dapat mereproduksi eksperimen. Berikan detail yang cukup untuk memungkinkan karya tersebut direproduksi. Metode yang sudah diterbitkan harus ditunjukkan dengan referensi: hanya modifikasi yang relevan yang harus dijelaskan. Jangan ulangi detail metode yang sudah ada.

 

7.15 Hasil dan diskusi

Hasil harus jelas dan ringkas. Hasilnya harus meringkas temuan (ilmiah) daripada memberikan data dengan sangat rinci. Harap soroti perbedaan antara hasil atau temuan Anda dan publikasi sebelumnya oleh peneliti lain. Diskusi harus mengeksplorasi signifikansi hasil pekerjaan, tidak mengulanginya. Bagian Hasil dan Diskusi gabungan sering kali tepat. Hindari kutipan ekstensif dan diskusi literatur yang diterbitkan.

Dalam diskusi, ini adalah bagian terpenting dari artikel Anda. Di sini Anda mendapatkan kesempatan untuk menjual data Anda. Buatlah diskusi sesuai dengan hasil, tetapi jangan ulangi hasilnya. Seringkali harus dimulai dengan ringkasan singkat dari temuan ilmiah utama (bukan hasil eksperimen).

Komponen berikut harus dibahas dalam diskusi: Bagaimana hasil Anda berhubungan dengan pertanyaan atau tujuan awal yang diuraikan di bagian Pendahuluan (apa/bagaimana)? Apakah Anda memberikan interpretasi secara ilmiah untuk setiap hasil atau temuan Anda yang disajikan (mengapa)? Apakah hasil Anda konsisten dengan apa yang telah dilaporkan peneliti lain (apa lagi)? Atau ada perbedaan?

SEMITANN tidak menempatkan aturan apapun untuk menulis hasil dan diskusi di bagian yang sama atau di bagian yang terpisah, SEMITANN bebas untuk keputusan penulis untuk masalah ini.

 

7.16 Kesimpulan

Kesimpulan harus menjawab tujuan penelitian. Menceritakan bagaimana pekerjaan Anda memajukan bidang dari keadaan pengetahuan saat ini. Tanpa Kesimpulan yang jelas, reviewer dan pembaca akan kesulitan menilai karya tersebut, dan layak atau tidaknya dipublikasikan di jurnal. Jangan mengulang Abstrak, atau hanya mencantumkan hasil eksperimen. Berikan pembenaran ilmiah yang jelas untuk pekerjaan Anda, dan tunjukkan kemungkinan aplikasi dan ekstensi. Anda juga harus menyarankan eksperimen di masa mendatang dan/atau menunjukkan eksperimen yang sedang berlangsung.

 

7.17 Ucapan Terima Kasih

Kenali mereka yang membantu dalam penelitian, terutama yang mendanai pendukung penelitian Anda. Sertakan orang-orang yang telah membantu Anda dalam studi Anda: Penasihat, Pendukung keuangan, atau mungkin pendukung lain, yaitu Pengoreksi, Pengetik, dan Pemasok, yang mungkin telah memberikan materi. Tidak mengakui salah satu nama penulis.

 

7.18 Referensi

Kutip publikasi ilmiah utama yang menjadi dasar karya Anda. Kutip hanya item yang telah Anda baca. Jangan mengembang manuskrip dengan terlalu banyak referensi. Hindari kutipan diri yang berlebihan. Hindari kutipan berlebihan dari publikasi dari wilayah yang sama. Periksa setiap referensi terhadap sumber aslinya (nama penulis, volume, edisi, tahun, Nomor DOI). Diperlukan untuk menggunakan Aplikasi Manajer Referensi,

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. "Dengan ini saya/kami (PIHAK PENULIS) menyatakan bahwa seluruh bagian dari tulisan saya merupakan MURNI HASIL KARYA PIHAK PENULIS. Pengelola Jurnal Sumberdaya Bumi Berkelanjutan adalah sebagai PIHAK PENERBIT. Jika suatu hari karya PIHAK PENULIS diketahui bertentangan dengan kode etik penulisan ilmiah, plagiasi, perkara antar pihak, Undang-undang dan peraturan pemerintah yang berlaku, maka PIHAK PENULIS bersedia untuk menyelesaikan permasalahan itu tanpa melibatkan pihak penerbit maupun institusi penerbit"
  2. Kiriman belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau penjelasan telah diberikan di Komentar kepada Editor).

    The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).

  3. Naskah paper telah sepenuhnya mengikuti template paper

    The draft has been fully followed the template paper

  4. Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.

    Where available, URLs for the references have been provided.

  5. File pengiriman dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.

    The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.

  6. Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang digariskan dalam Panduan Penulis, yang dapat ditemukan di Tentang Jurnal.

    The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.

  7. Jika mengirimkan ke bagian jurnal yang ditinjau oleh rekan sejawat, instruksi dalam Memastikan Tinjauan Buta telah diikuti.

    If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.