PENGARUH BATUAN DASAR TERHADAP KUALITAS ENDAPAN NIKEL LATERIT BERDASARKAN ANALISIS PETROGRAFI DAN GEOKIMIA PADA SITE “AINUN” BLOK “SUCI” PT. ST NICKEL RESOURCES, KABUPATEN KONAWE, PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Suci Ainun Mandalay, Hendra Bahar, Sapto Heru Yuwanto, Lakon Utamakno

Abstract


Penelitian ini terletak di lokasi PT. ST Nickel Resources, daerah Dunggua, Kecamatan Amonggedo, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur-unsur geokimia, jenis mineral yang terkandung dalam batuan dasar, serta pengaruh batuan dasar terhadap endapan nikel laterit. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan melakukan survei lapangan secara langsung mencakup pengambilan data litologi dan data hasil pemboran dari PT. ST Nickel Resources. Penelitian menggunakan analisis petrografi dan analisis geokimia XRF (X-Ray Fluorescence). Hasil penelitian menunjukkan adanya unsur-unsur geokimia utama (major) seperti Ni, Co, Fe, SiO2 dan Mg, dengan kadar Ni sebesar 0,69 – 1,51%. Di lokasi penelitian juga dijumpai jenis batuan ultrabasa diantaranya peridotit dan dunit, yang mengandung mineral olivin dan piroksen. Keberadaan kedua mineral tersebut merupakan penanda terdapatnya kadar nikel yang tinggi, sehingga menambah kualitas nikel yang ada pada daerah penelitian menjadi sangat baik.


Keywords


nikel, laterit, peridotit, dunit.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, W., 2006, Laterites: Fundamentals of Chemistry, Mineralogy, Weathering Processes and Laterite Formation, Property of PT. INCO for Laterite Ore Manual, Unpublished.

Coleman, R.G., 1977, Ophiolites, Springer-Verlag, Berlin.

Hekinian, R., 1982, Petrology of the Ocean Floor, Elsevier Scientific Publishing Company, Amsterdam, New York.

Gleeson, S.A., Butt, C.R.M., Elias, M., 2003, Nickel Laterites: A Review, SEG (Society of Economic Geologist) Newsletter, No. 54.

Golightly, J. P.,1979. Nickeliferous Laterites : A General Description. International Laterit Symposium New Orleans, Feb 19-21, 1979.

Kadarusman, A., 2009, Ultramafic Rocks Occurences In Eastern Indonesia and Their Geological Setting, Proceedings PIT IAGI Semarang, The 38th IAGI Annual Convention and Exhibition, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2021.2093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan