Sebaran Potensi Bahan Galian Industri Kabupaten Madiun Berdasarkan Kajian Geologi Regional (Potential distribution of Industrial Minerals in Madiun Regency based on Study of Regional Geology)

Donny Rusdian Pratama, Fajar Rizki Widiatmoko, Yazid Fanani

Abstract


Pada era otonomi yang semakin diperluas pada saat ini guna untuk merealisasi kan tujuan Kabupaten Madiun yaitu pembangunan yang berkelanjutan, oleh karena itu perlu di dukung dengan adanya sumberdaya alam yang berpotensi. Kabupaten Madiun termasuk wilayah yang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah salah satunya potensi pada sektor pertambangan. Hal ini dapat diketahui berdasarkan kajian geologi pada Kabupaten Madiun. Potensi yang teradapat pada Kabupaten Madiun di dominasi oleh komoditas batuan. Dari hasil identifikasi potensi sumberdaya yang dilakukan dengan menganalisa peta geologi Kabupaten Madiun didapat potensi sumberdaya antara lain Pasir, Batupasir, Andesit, Trass, Tanah Liat dan Tanah Urug. 



Keywords


Potensi, geologi, bahan galian

Full Text:

PDF

References


Ayat (1) huruf a UU Nomor 4. (2009). Tentang Penggolongan Bahan Galian.

ESDM Dalam Angka. (2016). Potensi Bahan Galian Provinsi Jawa Timur.

Fanani, Y., Jone, Y., & Wahono, H. (2018, September). IDENTIFIKASI POTENSI SEBARAN BAHAN GALIAN KABUPATEN NGAWI JAWA TIMUR. In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan (pp. 283-288).

Perda nomor 09. (2011) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Madiun Tahun 2009 – 2029.

Peraturan Pemerintah Nomor 23. (2010) tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batuan pasal 2 ayat 2.

Van Bemmelen, R. W. (1949). The Geology Of Indonesia (Vol. 1, No. 1). Us Government Printing Office.

Widiatmoko, F. R., Putri, R. H. K., & Sunan, H. L. (2021). The Relation of Fault Fracture Density with the Residual Gravity; case study in Muria. Journal of Earth and Marine Technology (JEMT), 1(2), 42-47.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.semitan.2021.2014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan