OPTIMALISASI PEMILIHAN MESIN LAS DALAM OPERASIONAL SEBUAH GALANGAN KAPAL BERBASIS MANAJEMEN RISIKO

Alif Wahfiuddin, Minto Basuki, Pramudya I. S.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai Manajemen risiko operasional adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh semua perusahaan, baik perusahaan barang dan jasa. Hal ini dilakukan perusahaan untuk mengurangi bahkan menghilangkan risiko operasional tersebut, sehingga tidak menyebabkan kerugian bagi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengetahui risiko operasional mesin las pada tiap-tiap galangan kapal, khususnya yang mempunyai galangan di sekitar kawasan laut. Seperti yang kita ketahui, mesin las ada banyak sekali jenisnya. Mulai dari teknologi yang digunakan (baik travo maupun inverter), ataupun dari jenis mesin la situ sendiri (SMAW, FCAW, GMAW & GTAW) dan melakukan analisis data hasil survei guna mendapatkan alternatif solusi sebagai upaya optimalisasi menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP). Hasil dari analisis AHP untuk perbandingan kriteria yang diwakili oleh aspek Harga Mesin, Kualitas, Kecepatan, Biaya, Purna jual dan keawetan mempunyai vektor prioritas secara berurutan adalah 0.41, 0.069, 0,68, 0,068, 0,18. Sehingga dari hasil tersebut dapat dijelaskan bahwa aspek hukum merupakan aspek terpenting terhadap implementasi dilanjutkan Harga Mesin, Kualitas, Kecepatan, Biaya, Purna jual dan keawetan . Adapun hasil dari penentuan alternatif strategi Beredsarkan penentuan harga, yang utama adalah Mesin SMAW dengan nilai vektor prioritas 0.26962. Prioritas kedua yang mempunyai nilai vektor prioritas 0.2543 adalah Mesin GMAW, Prioritaas ketiga yang mempunyai nilai vektor prioritas 0.24192 adalah Mesin FCAW, dan yang terakhir adalah Mesin GTAW yang bernilai 0,2417.


Keywords


SMAW, FCAW, GMAW, GTAW, Analytic Hierarchy Process (AHP)

Full Text:

PDF

References


Basuki, M., dan Putra, A. A. W., 2015, Penilaian Risiko Pekerjaan Bangunan Baru pada Galangan Kapal Klaster Jawa Menggunakan Matrik Risiko, Prosiding Seminakel X, UHT Surabaya.

Djohanputro, B., 2008. Manajemen Risiko Korporat.

Jakarta: Penerbit PPM

Endraswara, D., Basuki, M., dan Kusuma, I. P. A., 2017, Penilaian Risiko Proses Bongkar Curah Kerinhg menggunakan Metode FMEA (Failure model An Affect Anaysis) di PT. XYZ, Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan V 2017, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. ISBN 978-602-98569-1-0

Hanafi, M, 2006, Manajemen Risiko. UPP STIM, Yogyakarta.

Harsono, H,. Purwanto, R., 2019, Analisis Pengelasan SMAW Tegangan DC Terhadap Kekuatan Tarik, Kekerasan, Foto Makro dan Mikro pada Stainless Steel 304, Vol. 15 No. 1,

April 2019.

ISO 1799, 2012, “An Introduction To Risk Analysis”.

Putra, R., A., dan Basuki, M., 2017, Penilaian

Kesehatan dan Keselamatan Kerja dengan Metode Hirarc di PT. X Pasuruan Jawa Timur. Jurusan Teknik Perkapalan, Prosiding Industrial Engineering National Conference (IENACO), UM Surakarta.

Siswanto, R. 2018, Teknologi Pengelasan. Buku Ajar. Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.semitan.2021.2012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan