PENILAIAN RISIKO K3 PADA OPERASIONAL DERMAGA JAMRUD SURABAYA MENGGUNAKAN JOB SAFETY ANALYSIS DAN BOW-TIE RISK ASSESSMENT

Gustavito Yakobus Egar Yakobus Egar, Minto Basuki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menilai serta memitigasi risiko yang ada pada proses bongkar muat di PT Pelindo III (Persero) Terminal Jamrud Surabaya Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung ke lapangan. Data-data yang digunakan diperoleh dari Pelayanan Bongkar Muat (PBM), Dermaga Jamrud, meliputi kegiatan pembongkaran dan pemuatan barang yang dilakukan pada kawasan Dermaga. Penelitian ini menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA) dan Bow-Tie Analysis (BTA) guna mengetahui bahaya yang terdapat di dalam kegiatan bongkar muat serta tingkat risiko yang dapat ditimbulkan. Sehingga dapat dilakukan tindakan pengendalian atau mitigasi yang tepat pada proses bongkar muat di PT Pelindo III (Persero) Terminal Jamrud Surabaya. Hasil penelitian yang didapat selama observasi yaitu seringnya TKBM tidak menggunakan APD seperti safety helmet, safety vest, safety shoes dan masker yang mana protokol Kesehatan sekarang ini masuk dalam penggunaan APD. Hasil penelitian, disimpulkan bahwa risiko saat bongkar petikemas dari kapal ke truk dengan menggunakan crane atau pemindahan petikemas dari lapangan penumpukan ke truk dengan menggunakan forklift TKBM yang tidak mengenakan safety vest sehingga dapat terjadi kecelakaan kerja yang disebabkan oleh human error yaitu karena operator yang tidak melihat lingkungan sekitar.


Keywords


Bongkar Muat, Bow-Tie Analysis, Dermaga Jamrud, Job Safety Analysis, K3

Full Text:

PDF

References


Purba, B., Marzuki, I., Mahyuddin., Sianturi, E., Armus, R., Gusty, S., Chaerul, M., Sitorus, E., Khariri., Bachtiar, E., Susilawaty, A., Jamaludin.,2020, Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Yayasan Kita Menulis.

Ramadhan, B., dan Basuki, M., 2021, Penilaian Risiko Peralatan Bongkar Muat Pada Kapal Tradisional Pelayaran Rakyat Di Pelabuhan Kalimas Surabaya, Prosiding Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri Pengabdian Masyarakat di Era New Normal, Vol. 2, No. 2.

Senjayani, S., dan Martiana, T., 2018, Penilian dan Pengendalian Risiko Pada Pekerjaan Bongkar Muat Peti Kemas Oleh Tenaga Kerja Bongkar Muat Dengan Crane, The Indonesian Journal of Public Health and Community Health Development.

Setiawan, M.T., dan Trisnaini, I., 2018, Penilaian Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Pekerjaan Bongkar Muat di Pelabuhan Boom Baru Palembang Tahun 2018, Undergraduate Thesis, Sriwijaya University.

Suma’mur, P. K., 2009, Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Jakarta PT. Toko Gunung Agung, Cetakan XII.

Suryanto, D.I.D., dan Widajati. N., 2017, Hubungan Karakteristik Individu dan Pengawasan K3 Dengan Unsafe Action Tenaga Kerja Bongkar Muat, The Indonesian Journal of Public Health and Community Health Development.

Ulfany., A.F., A, Wicaksono, A., dan Anwar, M. R., 2018, Kajian Kinerja Pelayanan General Cargo Terminal Jamrud Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, - Rekayasa Sipil.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.semitan.2021.2010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan