OPTIMALISASI PIPING 3D MODELING UNTUK MENUNJANG SISI TEKNIS DAN EKONOMIS DESAIN LAYOUT BILGE SYSTEM KAPAL HARBOUR TUG 2X1600 HP

Eka Nur Laily, Erifive Pranatal, Pramudya Imawan

Abstract


Bilge system merupakan salah satu system yang berfungsi sebagai keselamatan kapal, karena system ini berguna untuk memindahkan fluida apabila terjadi rembesan pada kapal dari dalam kapal menuju ke luar kapal melalui overboard. Maka pipa Bilge system salah satu system perpipaan yang penting dalam kapal. Penempatan atau penginstalan pipa bilge ini sangat penting di dalam kapal, dengan memperhatikan jalur yang dilalui, ruang kosong yang ada di dalam kapal dan dengan memperhatikan keberadaan perpipaan sistem lain serta outfitting yang ada pada kapal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi peletakan pipa bilge system pada kapal Harbour Tug 2X1600HP dengan membuat gambar 3D Modeling menggunakan Software Catia V5 guna mengetahui secara lebih detail sambungan antar pipa, jumlah material pipa dan komponen lain dalam satu sistem tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini di peroleh dari perusahaan yang sedang membangun kapal ini. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif memiliki sifat yang khusus, terperinci dan statis. Alur dari penelitian kuantitatif sudah direncanakan dari awal dan tidak dapat diubah. Penelitihan dimulai dengan proses pengumpulan data, pembuatan 3D Modeling, gambar produksi, Material Take Off dan total biaya. Dengan menggambar 3D modeling menggunakan Software Catia V5 kita dapat meminimalisir kerjadinya kesalahkan ketika dalam proses pemasangan atau penginstalan pipa di lapangan, kita juga dapat mengetahui material yang dibutuhkan untuk suatu sistem pada kapal yang sedang dibangun, hal ini tentu berdampak pula terhadap material yang akan terbuang, semakin kecil kemungkinan material terbuang. Tentu hal ini juga berdampak terhadap jam kerja orang, semakin sedikit kesalahan yang terjadi di lapangan maka waktu yang dibutuhkan pekerja lapangan untuk menyelesaikan pekerjaan akan semakin cepat dan mudah.


Keywords


Bilge system,gambar 3D modeling, gambar produksi, software Catia V5.

Full Text:

PDF

References


Abdiyanto, R., 2019, Re-Desain Sistem Instalasi Lay-Out Engine Room, Bilge System, Ballast System, Fire Main System, Domestik Fresh Water dan Sea Water Supply Kapal SV. Garuda Offshore, Program Studi D3 Teknik Bangunan Kapal, Surabaya, 2019.

Damanik, L., Pujo, I. M., Arswendo, B.

A., 2016, Kajian Teknit Kekuatan Konstruksi Kapal Tugbout 2 x 800 HP dengan Metode Elemen Hingga, Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang.

Fajar, R., dan Basuki, M., 2020,

Perhitungan Berat Kapal Kosong Sebagai Fungsi dari Daya Mesin Utama, SEMITAN II, Fakultas Teknolgoi Mineral dan Kelautan, ITATS, Vol. 2, No. 1, Juni 2020.

Wahyu, B. S. B., Sasmito, E. H., dan Jokosisworo, S., 2015, Aplikasi Open Source CAD Untuk Penggambaran Sistem Perpipaan Pada Kapal Feeder Container Tipe Katamaran, Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia.

Wahyuddin, M., 2010, Sistem Bilge Kapal, http://kapalcargo.blogspot.com/2010/07/sist em-bilga-pada-kapal-clean-bilge.html (diakses 20 oktober 2020).




DOI: https://doi.org/10.31284/p.semitan.2021.2006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan