PENILAIAN RISIKO KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA PADA GALANGAN KAPAL PT. TAMBANGAN RAYA PERMAI (PERSERO) SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS

Vahmy Brata Tsalist, Minto Basuki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peringkat risiko bahaya yang akan terjadi pada PT.Tambangan Raya Permai (Persero) Surabaya. Data yang diamati adalah kegiatan kinerja di galangan kapal PT.Tambangan Raya Permai (Persero) Surabaya. Data tersebut menggunakan metode identifikasi di lapangan serta wawancara terhadap pihak divisi K3 dan beberapa tenaga ahli. Data tersebut di analisis dengan menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA) untuk dapat menganalisis pekerjaan, bahaya, serta pengendaliannya dan di bantu dengan Risk Assessment untuk mendapatkan peringkat risiko dan memudahkan identifikasi bahayanya. Hasil dan pembahasan ditemukan data identifikasi lapangan berupa penempatan alat – alat kerja yang rawan dan dapat menimbulkan risiko kecelakaan kerja yaitu tabung gas dan crane. Dari hasil pengolahan data penulis menyimpulkan bahwa penerapan regulasi tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di PT.Tambangan Raya Permai (Persero) Surabaya berperan penting dalam menjaga kelangsungan perusahaan terutama kesehatan dan keselamatan para pekerja serta sebagai upaya pengendalian tingkat risiko kecelakaan kerja.Kemudian dilakukan proses mitigasi yang dimana antara lain : penempatan alat – alat kerja yang aman, penggunaan alat pelindung diri, mengadakan pemeriksaan rutin untuk peralatan kerja, melakuan tes kesehatan pada setiap pekerja, dan memberikan instruksi K3 sebelum bekerja.


Keywords


Galangan kapal, Job Safety Analysis, K3, Mitigasi Risiko, Risk Assessment

Full Text:

PDF

References


Awi, F., A., Basuki, M., dan Fariya, S., (2017). Penilaian Risiko K3L Pada Pekerjaan Reparasi Kapal Di PT. Dok Dan Perkapalan Surabaya (Persero) Menggunakan Job Safety Analysis (JSA). Seminar Nasional Kelautan XII, Universitas Hang Tuah.

Bacchetta, A. P. (2007). [B-BS and occupational health and safety management systems]. Giornale Italiano Di Medicina Del Lavoro Ed Ergonomia, 32(1 Suppl A), A55-8.

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20 518211.

Basuki, M., dan Santosa, P. I., (2015). Penilaian Risiko Pekerjaan Bangunan Baru Pada Galangan Kapal Klaster Sumatera, Batam Dan Karimun Menggunakan Produksi Berbasis Risiko (Risk – Based Production). Seminar Nasional Kelautan X, Universitas Hang Tuah.

Nisaa, M., I., dan Rahaju, T., (2019). Implementasi Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Divisi Kapal Perang PT.PAL Indonesia. Publika, 7(4), 1–7.

Ruhyandi, dan Candra, E. (2008). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Kepatuhan Penggunaan APD pada Karyawan Bagian Press Shop di PT. Almasindo II Kabupaten Bandung Barat Tahun 2008. Jurnal Kesehatan Kartika Stikes A. Yani. Jurnal Kesehatan Kartika Stikes A. Yani

Sri Redjeki. (2016). Kesehatan Dan Keselamatan Kerja.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.semitan.2021.1998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan