PEMILIHAN TAMBANG BAWAH TANAH UNDERHAND CUT AND FILL BERDASARKAN TEKNIK PEMBOBOTAN PADA PT. CIBALIUNG SUMBERDAYA

Isser Samuel Tumalang, Barlian Dwinagara, Ponco Sujarmiko, Ansyarullah[ Ansyarullah[, Arga Satria Tama

Abstract


Pada awal kegiatan penambangan bawah tanah kita selalu diperhadapkan dengan masalah dengan metode penambangan apa yang akan diambil guna mendapatkan keuntungan dengan semua resiko yang dihadapi maka perlu dilakukan sebuah perhitungan. Perhitungan yang dimaksud adalah sebuah metode pembobotan yang mencakup aspek geologi, geometri cebakan, distribusi kadar dan karakteristik mekanika batuan. Secara teknis, teknik pembobotan ini dapat digunakan juga pada penentuan pemilihan tahap awal yaitu prospeksi untuk menentukan apakah perlu dilakukan tambang terbuka atau tambang bawah tanah. Fokus daerah yang diteliti adalah daerah Cikoneng vein timur 1. 

Pada penambangan blok Cikoneng vein timur 1, diperhadapkan sebuah masalah apakah akan dilakukan keberlanjutan pola penambangan cut and fill seperti yang sudah dilakukan. Maka kemudian dilakukan sebuah (100) perhitungan pembobotan untuk memilih tambang bawah tanah yang cocok dengan kedalaman lebih dari 100 meter. Cara pembobotan ini dilakukan dengan batuan software surpac untuk membuat block model. Maka kemudian dilakukan analisa terhadap blok model itu dengan memasukkan data vein timur 1 dan composite lubang bor sehingga bisa melihat bentuk zonasi RMR. Hasil dari perhitungan pembobotan itu didapat metode cut and fill tetap menempati ranking pertama dengan nilai 35, diikuti sub level stoping dan Open pit dengan nilai 27 (100). Pada penilaian pembobotan itu terdapat urutan Ranking yang dibuat, yakni; preferred (3-6), probable (1-2), unlikely (0), reduced (-10) dan eliminated (-49). Maka kesimpulan yang diambil adalah cut and fill sebagai metode penambangan lanjutan.



Keywords


pembobotan, pertambangan

Full Text:

PDF

References


Dwinagara, B. Tim Geotek 2018, Kajian Geoteknik kondisi lubang bukaan pada area Cikoneng dan Cibitung, PT Cibaliung Sumberdaya. Pusat studi mineral dan energi lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat universitas pembangunan nasional “veteran” Yogyakarta.

Gelvez J.I.R and Antonio F.A.C. (2014) Mining method selection metodology by multiple criteria decision analysis-case study in colombian coal mining. Washington D.C. Jorge ivan romero gelvez.

Purwanto, Eng. et al. 2013. Jurnal Fundamental Study On Support Systemat Cibaliung Underground Gold Mine Indonesia. Amsterdam. Elsevier B.V.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.semitan.2021.1993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan