ANALISIS PROKSIMAT DALAM PENENTUAN KUALITAS DAN JENIS BATUBARA PADA PT. BUMI MERAPI ENERGI, KABUPATEN LAHAT, PROVINSI SUMATRA SELATAN

Trivenna A Oratmangun, Sapto Heru Yuwanto, Lakon Utamakno

Abstract


PT. Bumi Merapi Energi, berada di Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatra Selatan, Bagian Utara. Batubara merupakan bahan galian, maka posisi batubara sebagai bahan bakar alternatif dan meningkatkan pemanfaatannya untuk keperluan domestik sebagai bahan bakar pada pembangkit tenaga listrik, industri maupun untuk kepentingan ekspor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode proksimat merupakan metode awal dalam penentuan kualitas batubara yang meliputi penentuan kandungan kadar air, zat terbang, abu dan karbon tertambat dalam batubara. Untuk mengetahui kadar air dan abu dapat memperkirakan berapa nilai kalori dari batubara. Zat terbang juga salah satu pengotor dalam batubara dan dapat menentukan range batubara selain nilai kalori. Karena sangat pentingnya parameter proksimat dalam batubara diperlukan analisis yang presisi dan akurat dalam metode analisisnya. Maka dilakukan penelitian dan perhitungan lanjutan berdasarka dari data analisis proksimat. Dan untuk diketahui kualitas batubara berdasarkan klasifikasi menurut Classification of in Seam Coal (UNECE 1998) termasuk dalam High Grade Coal (berdasarkan kandungan ash yang didapat yaitu 6,82% db). Kemudian dari penentuan analisis proksimat dapat diklasifikasikan juga jenis batubara yaitu Bituminous Rank (medium rank), karena memiliki kandungan kalori yaitu 6242 kcal/kg, unsur karbon 41,65% dan kadar air 11%. 



Keywords


Analisis Proksimat, Ash, Hight Grade Coal, Bituminous Rank

Full Text:

PDF

References


Asikin, Sukendar. 1989. Geologi Struktur Indonesia. Lab Geologi Dinamis – Geologi ITB. Bandung.

Abd Razak Kadir, Sri Widodo, Anshariah. 2016. “Analisis Proksimat Terhadap Kualitas Batubara di Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur”. Universitas Hasanuddin.

Bilkial, Bilki. “Studi Analisis Kualitas Batubara Berdasarkan Analisa Proksimat dan Nilai Ketergerusan Batubara Pada Sampel Batubara Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan Dengan Standar ASTM”. Universitas Islam Bandung.

Chen P. (1998). Study on Classification System for Chinese Coal. Journal of Coal Science and Engineering 4(2), 78–84.

De Coster, G. L., 1974, The Geology of the Central and South Sumatra Basin, Proceedings 3rdAnnual Convention IPA, Juni 1974, Jakarta.

Faisal Huseini, Solihin, Pramusanto. 2018. “Kajian Kualitas Batubara Berdasarkan Analisis Proksimat, Total Sulfur dan Nilai Kalor Untuk Pembakaran Bahan Baku Semen di PT Semen Padang Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang Provinsi Sumatera Barat”. Universitas Islam Bandung.

Ilyas, Syufra, Dahlan Ibrahim dan Fatimah. 2000. Pengkajian Endapan Batubara Di Dalam Cekungan Sumatera Selatan, Daerah Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Propinsi Sumatera Selatan. Sub Dit. Eksplorasi Batubara dan Gambut, DSM

Koesoemadinata, R.P.1980. Geologi Minyak dan Gas Bumi.Bandung. ITB

Sukardi dan A. Suryana. 2000. Pengkajian Batubara Bersistem Dalam Cekungan Sumatera Selatan Di Daerah Lubukmahang, Kecamatan Bayunglincir, Kabupaten Musibanyuasin, Propinsi Sumatera Selatan. Sub Dit. Eksplorasi Batubara dan Gambut

Sukandarrumidi. 2006. Batubara Dan Pemanfaatannya, (Pengantar Teknologi Batubara Menuju Lingkungan Bersih), Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Sukandarrumidi. 1995. Batubara Dan Gambut, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Sukandarrumidi, “Pemanfaatan Batubara”, Universitas Gajah Mada Speight, G. James, 2005, “Handbook of Coal Analysis”, Volume 166, Wiley-Interscience. Tirtosoekotjo, Soedjoko,2002, Batubara Indonesia. PUSLITBANG tekMIRA -------, 2006, “Annual Book of ASTM Standards”, ASTM Publisher, Baltimore.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.semitan.2021.1988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan