PENILAIAN RISIKO K3 PADA PENYEBERANGAN KETAPANG-GILI MANUK MENGGUNAKAN BOW-TIE RISK ASSESMENT

Nasrululah P. N., Minto Basuki, Pramudya I. S.

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan lingkungan kerja pelayaran yang aman dan terkendali bagi seluruh awak kapal dan penumpang dengan mengidentifikasi serta memitigasi risiko yang ada. Penelitian ini dilakukan dengan metode Bow-Tie Analysis (BTA), sedangkan pengumpulan data berupa peralatan keselamatan di kapal, kondisi lingkungan kapal, dan hal-hal terkait dilakukan dengan metode observasi langsung dan wawancara di salah satu kapal penyeberangan Ketapang-Gilimanuk. Dengan terwujudnya fasilitas dan penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang baik di kapal, maka akan mengurangi risiko dan dampak dari risiko kecelakaan kapal tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KMP Nusa Makmur penyeberangan Gilimanuk-Ketapang masih belum memiliki alat-alat K3 sesuai dengan peraturan yang ada dan sesuai dengan jumlah kapasitas penumpang. Upaya serta keteraturan dalam menyediakan peralatan K3 harus dioptimalkan guna mengurangi dampak risiko K3 yang tidak pasti kapan akan terjadi.

Keywords


Bow-Tie Analysis, K3, Kapal Penyeberangan, Risiko

Full Text:

PDF

References


Alwi, Ahmad Fahmi, dkk. (2017). Penilaian Risiko K3L Pada Pekerjaan Reparasi Kapal di PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) Menggunakan Job Safety Analysis (JSA). Seminar Nasional Kelautan XII, 20 Juli 2017.

Dewi, Ratna Murtisari dan Suhartini. (2021). Analisa Risiko Kecelakaan Kerja Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis di SBU Galangan Pelni Surabaya. Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan (SENASTITAN I), Surabaya, 6 Maret 2021.

Koreawan, Oky Agus dan Minto Basuki. (2019). Identifikasi Bahaya Bekerja Dengan Pendekatan Hazard Identification Risk Assessment adn Risk Control (HIRARC) di PT. Prima Alloy Steel Universal. Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi Industri, 2 Februari 2019.

Kristanto, Aris, Minto Basuki, dan Pramudya Irawan Santosa. (2018). Penilaian Risiko Bongkar Muat Kapal Cargo PT. Multiguna Shipping Lines di Pelabuhan Umum Gresik. Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi Industri, 3 Februari 2018.

Kurniawan, Dimas Agni, Minto Basuki, dan Soejitno. (2017). Optimalisasi Penggunaan Dock Space Pada Pekerjaan Reparasi Kapal di PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) Dengan Metode PERT (Program Evaluation and Review Technique). Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan V, 2017.

Ramadhan, Bobby dan Minto Basuki. (2021). Penilaian Risiko Peralatan Bongkar Muat Pada Kapal Tradisional Pelayaran Rakyat di Pelabuhan Kalimas Surabaya. Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri Pengabdian Masyarakat di Era New Normal Prosiding Vol. 2, No. 2, 2021.

Sandy, Niko Eka, Minto Basuki, dan Maria Margareta ZB. (2019). Penilaian Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Proses Reparasi di PT. Dok dan Perkapalan Surabaya. Seminar Nasional Kelautan XIV Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan Universitas Hang Tuah, Surabaya 11 Juli 2019




DOI: https://doi.org/10.31284/p.semitan.2021.1971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan