EVALUASI CRUSHING PLANT UNTUK PENGOPTIMALAN HASIL PRODUKSI BATU ANDESIT

Erna Abinoam Kudmasa, Esthi Kusdarini, Ratih Hardini Kusuma Puti, Ongko Priambo

Abstract


Penelitian yang dilakukan di Kelurahan Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Peovinsi Jawa Timur dengan tujuan mengevaluasi crushing plant untuk pengoptimalan hasil Produksi. Crushing plant adalah alat unit pengolahan yang terdiri dari berbagai macam alat dimana terdapat bebrapa rangkaian kegiatan yang bersifat kontinu dan bertujuan untuk mereduksi ukuran material. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan dilakukan perhitungan maka didapatkan produksi nyata pada Vibrating grizzly feeder sebesar 99 ton/jam , Jaw crusher sebesar 66,09 ton/jam, vibrating screen adalah sebesar 31,38 ton/jam dan secondary crusher sebesar 67,61 ton/jam. Berdasarkan perhitungan regresi linear berganda terhadap waktu hambatan idle dan breakdown maka didapatkan persamaan sebesar Y = 913,8681-115,17 (X1) – 117,17 (X2) dari persamaan ini dilakukan perhitungan untuk mendapatkan nilai loss time dan didapat bahwa nilai waktu hambatan idle time tidak boleh lebih dari 0,27 jam sedangkan nilai waktu hambatan dari breakdown tidak boleh lebih dari 0,26 agar target produksi dapat tercapai. Untuk pemenuhan target produksi 882,35 ton/hari, dapat juga dilakukan dengan penanganan waktu hambatan produksi pada unit peremuk batu andesit, dengan penanganan tersebut maka waktu  kerja efektif  meningkat dari 6,90 jam/hari menjadi 7,89 jam/hari, sehingga produksi nyata per hari juga meningkat dari 683,1 ton/hari menjadi 1.008,97 ton/hari.

Keywords


Crushing Plant, Evaluasi, Hambatan, Target Produksi

Full Text:

PDF

References


Currie, John M., (1982). Unit operation in mineral processing , CSM Press Columbia

Danilof, O. S., Nugroho, W. (2019). Evaluasi Produktivitas unit crushing plant serta faktor yang berpengaruh pada coal processing plant di PT. MNC Infrastruktur Utama Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur.

Harahap, A.I, Iskandar, H, Arief, T. 2014. Kajian Kominusi Limestone Pada Area Penambangan PT. Semen Padang (Persero) Tbk. Bukit Karang Putih Indarung Sumatera Barat. Jurnal Ilmu Teknik Universitas Sriwijaya, Volume 2. No. 2.

Kurniawan, Sandi. (2017). Kajian teknis crushing

plant pada unit pengolahan batuan andesit di PT. Guna Darma Putra, Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat Maharani,

Ersila. (2019). Optimalisasi pengumpanan crusher dan analisis regresi multivariat terhadap waktu kerja untuk meminimalisir loss time agar tercapai target produksi 300.000 ton/bulan pada penambangan batu granit di PT. Trimegah Perkasa Utama.

Nusantara, D. M. , Sriyanti, L. (2017) Evaluasi Kinerja Crushing Plant untuk Meningkatkan Produksi Batu Andesit di PT Tarabatuh Manunggal Tbk. Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat.

Rahman, Arip S. Dkk. (2016). Kajian pengaruh Cone Crusher Tertiary terhadap produksi dengan menggunakan uji Beltcut untuk mendapatkan hasil yang optimal pada tambang Quarry di PT Sejahtera Sentra (MSS),Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat.

Syaputra, Andi. (2015), Evaluasi crushing plant untuk pengoptimalan hasil produksi di PT. Riung Mitra Lestari, Kecamatan Tapin Selatan,Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Taggart, A. F. (1953). “Handbook Of Mineral Dressing”, John Willey and Son, Inc, New York, London and Sidney.




DOI: https://doi.org/10.31284/p.semitan.2021.1964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan