STUDY PENERAPAN KEAMANAN INTERNATIONAL SHIP AND PORT FACILITY SECURITY (ISPS) CODE PADA PELABUHAN TENAU KUPANG

Arkhilaus Obe, Minto Basuki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penerapan International Ship And Port Facility Security (ISPS) Code yang menjadi panduan untuk mengurangi risiko-risiko terhadap keamanan dan keselamatan area pelabuhan. Data yang digunakan untuk analisis berdasarkan data data lapangan yang berkaitan dengan penerapan ISPS Code  pada pelabuhan Tenau Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan FMEA (Failure Mode and Effect Analysis). Dari hasil analisis didapatkan penerapan keamanan masih minimum karena pengetahuan sumber daya manusia (SDM) yang masih kurang dalam menerapkan ISPS Code serta kekurangan tenaga dalam bidang keamanan. Oleh sebab itu perlu ditingkatkan pengetahuan sumber daya manusia dengan terus memberikan pelatihan dan menambah personil kemananan untuk benar-benar menjaga keamanan dan keselamatan para pengguna atau orang-orang maupun kapal-kapal yang berkunjung dan melakukan proses bongkar muat menggunakan fasilitas pelabuhan Tenau Kupang

Full Text:

PDF

References


Anggrahini, P. W., 2014. Kualitas Pelaksanaan ISPS COde di Pelabuhan Benoa, Pusat Penelitian dan pengembangan perhubungan laut, Jakarta.

Bhanda, V, S., Basuki, M., dan Margareta, M, Z, b., (2019). Study Perencanaa Penerapan ISPS Code di Pelabuhan Ippi, Ende, Surabaya, Prosiding SEMINAKEL 2019, FTIK, UHT Surabaya.

Biro Klasifikasi Indonesia, Persyaratan ISPS Code

International Maritime Organization (IMO).(2009). International Code for the Security of Ships and Port Facilities, Human Envinroment and Transport Inspectorate, 196(80), 1–3.

International Ship and Port Facility Security (ISPS) Code And SOLAS Amandements 2002

Kusuma, A, C., (2019). Penerapan ISPS Code di pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Semarang.

Ladesi, V. K., (2009). Penerapan Keamanan Dalam Penerapan International Ship And Port Facility Security (Isps Cod ) Di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Jurnal Logistik D III Transportasi UNJ, II(2), 25– 37.

Onwuegbuchunam, D., Aponjolosun., dan Ajayi, S, O., (2016). Assessment of the Effect of the Implementation of International Ship and Port Facility Security (ISPS) Code on Port Operations (A Case Study of Tin Can

Island Port Complex), European Journal of Busines and Management, Nigeria.

Peraturan pemerintah Republik Indonesia. (2009). Tentang Kepelabuhan, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, Jakarta.

Puspitawati, D., (2019). Implikasi Yuridis atas Penerapan ISM Code Pada Pelabuhan di Indonesia, Jurnal IUS, Nationally Accredited Journal,

Taequi, A., dan Basuki, M., (2020). Study Implementasi ISPS Code pada pelabuhan Dili Timor-Leste, PROSISDING, Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan (SEMITAN II), ITATS.

Yilmazel, M., dan Asyali., (2005). An Analysis Of Port State Control Inspection related to The ISPS Code, Paper,Turkey




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2021.1960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan