KAJIAN KULITAS AIR PADA LUBANG BEKAS TAMBANG BATUBARA

Erwin Rangga Fitriawan, Eddy Winarno, Nur Ali Amri

Abstract


Resiko dari kegitan pertambangan adalah terjadinya lubang bukaan atau yang di sebut Pit Lake yang tidak dapat di reklamasi atau di pulihkan Kembali seperti rona awal karena jumlah striping ratio yang besar sebagian besar batuan dan endapan batubara telah diambil, sehingga terjadi defisit overburden. Sisa lubang bekas galian tambang tersebut pada akhirnya akan menjadi kawasan tampungan air larian dan air hujan (reservoir) Dalam upaya untuk memanfaatkan air di lubang bekas tambang penelitian ini mengevaluasi kualitas air area penelitian. Dengan melakukan uji labotorium berdasarkan aparameter, pH, TSS,Fe,Mn,dan Cd.metode pengambilan sample random sampling dan harus sesuai Standard Operasional Procedure (SOP). Penelitian dilakukan di tambang batubara di Kalimantan Selatan Kabupaten Tanah Bumbu, Kecamatan Satui. Selanjutnya hasil analisis labotorium di lakukan penilaian dengan baku mutu PP No 82 Tahun 2001tentang kualitas air bersih, dengan analisis metode storet dari perbandingan analisis tersebut akan mengatahui jumlah pembobotan antara nilai uji labotorium dengan bakumutu. Dari hasil analisis menunjukan bahwa rata-rata kulitas air di lubang bekas tambang dengan parameter pH 8, TSS 0,1 mg/L ,Fe 0,00047 mg/L,Mn 0.004 mg/L ,dan Cd 0.003 mg/L. dari hasil analisis uji kualitas air menunjukan bahwa kulaitas air pada lubang bekas tambangĀ  tidak melebihi batas baku mutu, sehingga aman dan sesuai dengan baku mutu PP No 82 Tahun 2001

Keywords


air, lubang bekas tambang, pemantaua

Full Text:

PDF

References


Amin, Saifi Khairil, dan KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. (2014). Kajian Penentuan Status Mutu Air Di Kali Kloang Kabupaten Pamekasan (Metode Storet, Metode Indeks Pencemaran, Metode CCME WQI, dan Metode OWQI). Jurnal Ilmiah Universitas Brawijaya.

Arrina Khanifa, dkk., (2019). Kualitas Baku Mutu Air Pada Void Batubara di Desa Mekar Jaya Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan VII 2019 Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Eka, Iriadenta. (2010). Kajian Strategi Pengelolaan Dan Revitalisasi Pemanfaahn Sumber Daya Perairan Void Reklamasi Tambang Eks Penamhangan Batubara Pd. Baramarta Kabupaten Baniar Berbasis Pemberdayaan Masyarakat..

Hariono, Budi, Et Al. (2017). Penentuan Status Mutu Air Metode Storet Das Kalibaru. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif, (3)1.

Susanto, Heru. (2018). Characterization Of Coal Acid Water In Void Pools Of Coal Mining In South Kalimantan. E3s Web Of Conferences. Vol. 73. Edp Sciences.

Walukow, Auldry F. (2010). Penentuan Status Mutu Air Dengan Metode Storet Didanau Sentani Jayapura Provinsi Papua. Berita Biologi (10)3

Widara,M.R. (2019). Kajian Pengelolaan Pit Lake Pada Tambang Batubara Studi Kasus Pit Paringin Di Pt. Adaro Indonesia. Diss. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.31284/p.semitan.2021.1957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan