AKTIVITAS TEKTONIK SEBAGAI PEMICU MUNCULNYA MUD VULCANO BUHJEL TASE’ MADURA

Jusfarida Jusfarida, Aleik Ainu Abdilbar

Abstract


Gunung lumpur Bujhel Tase’ berada di desa Banyoning Laok, Kecamatan Geger, Bangkalan Madura. Pada lokasi ini terdapat dua tipe gunung lumpur yaitu gunung lumpur Buhjel Tase’ Lanang dan gunung lumpur Bujhel tase’ Wedok, jarak kedua gunung lumpur tersebut kurang lebih 500 m. Kedua gunung lumpur tersebut masih sangat aktif, adapun material yang keluar berupa semburan lumpur bercampur gas. Semburan migas dan lumpur sering dijumpai pada sumbu lipatan yang dihasilkan oleh aktivitas tektonik. Aktivitas tektonik pada cekungan jawa timur yang terjadi berulang-ulang telah mengakibatkan terbentuk struktur geologi yang sangat kompleks. Penelitian dilakukan dengan cara pemetaan surface mapping (pemetaan permukaan) dan kajian geologi regional daerah penelitian, serta pengamatan terhadap struktur geologi yang berkembang pada lokasi penelitian. Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan posisi gunung lumpur Bujhel Tase’ berada pada sumbu lipatan yang terjadi secara alami. Semburan lumpur tidak berhubungan satu dengan lainnya, dimana material yang keluar pada gunung lumpur Bujhel Tase’ Lanang berbeda dengan material pada Bujhel Tase’ Wedok. Pada gunung lumpur Bujhel Tase’ Lanang, material yang keluar lebih kental dibanding pada gunung lumpur Bujhel Tase’ Wedok. Aktivitas tektonik sangat berperan sebagai konduit/ tempat keluarnya material lumpur yang berada pada sumbu lipatan pada struktur antiklin.

Keywords


Tektonik; Bujhel Tase; Gunung lumpur

Full Text:

PDF

References


Dimitrov, L.I., 2002, Mud Volcanoes – The Most Important Pathway for Degassing Deeply Buried Sediments, Earth-Science Reviews, 59, p. 49 – 76.

Handoko T. Wibowo, 2007. Fault Reactivated Identification Due to Surface and Subsurface Geology Data in Sidoarjo Mud Flow Area.

Jusfarida, J. (2014). TIPE SEISMIK YANG MENGGAMBARKAN ADANYA PROSES TEKTONIK PADA SUATU FORMASI. PROMINE, 2(1). Jusfarida J.

PEMODELAN GEOLOGI BAWAH PERMUKAAN DAN PERHITUNGAN CADANGAN IODIUM PADA REMBESAN AIR FORMASI DI DESA SUMBEREJO, JOMBANG JAWA TIMUR. InSeminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan V 2017 Oct 17.

Mazzini, A., Svensen, H., Akhmanov, G.G, Aloisi, G., Planke, S., Malthe Sørenssen,A. dan Istadi, B. 2007. Triggering and dynamic evolution of the LUSI mud volcano, Indonesia. (2007) 375–388

Satyana, A.H., 2007, Central Java, Indonesia – A Terra Icognita in Petroleum Exploration: New Considerations on the Tectonic Evolution and Petroleum Implication, Proceedings Indonesian Petroleum Association, IPA 07-G-085.

Satyana, A.H. dan Asnidar, 2008, Mud Diapirs and Mud Volcanoes in Depressions of Java to Madura: Origins, Natures, and Implications to Petroleum System, Proceedings Indonesian Petroleum Association, IPA08-G-139.

Supandjono, J.B., Hasan, K., Panggabean, H., Satria, D., dan Sukardi, 1992, Peta Geologi Lembar Surabaya dan Sapulu, Jawa, Bandung: Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.

van Bemmelen, R.W., 1949, The Geology Of Indonesia, Government Printing Office, The Hague.

http://rovicky.files.wordpress.com/2006/10/fg9.JPG) http://www.intechopen.com/books/earthsciences/mud-volcano-and-its-evolution.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.1041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan