ANALISA TEKNIS PENAMBAHAN PANJANG KAPAL UNTUK MENAMBAH KAPASITAS MUATAN STUDI KASUS KMP. RODITHA MILIK PT. ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO)

Wilan Ramadhan Kirmandi, Erifive Pranatal, Pramudya Imawan Santosa

Abstract


KMP. Roditha merupakan kapal jenis penyeberangan atau ferry Ro-Ro milik PT. ASDP Indonesia ferry. KMP. Roditha beroperasi dengan lintas pelayaran Lembar – Padang Bai. Dengan ramainya lalu lintas serta semakin banyak fasilitas penyebrangan maka pihak owner mengambil keputusan yakni dengan menambah panjang kapal. Menurut peraturan IMO chapter 7 bahwa penambahan berat diatas 2% dari berat sebelumnya maka harus dilakukan
perhitungan ulang terkait penentuan titik berat baru karena terdapat pergeseran titik berat kapal. Penelitian ini dilakukan dengan menghitung ulang mengenai aspek teknis kapal terutama pada stabilitas kapal akibat penambahan
panjang tersebut. Perhitungan dan desain ulang menggunakan software Autocad, maxsurf 3D dan hydromax. Dari hasil perhitungan stabilitas sudut untuk lengan stabilitas statis maksimum memenuhi persyaratan IMO yakni harus
>25? lalu pada simulasi beban 100%, 75% dan 50% didapatkan hasil sudut lengan sebesar >30?. Untuk perhitungan tahanan kapal dilakukan dengan metode Holtrop dengan nilai BHP (Break Horse Power) yang dihasilkan sebesar
952,22 HP, maka untuk mesin penggerak utama kapal tetap menggunakan mesin awal yakni “Daihatsu Diesel Engine type 6 DSM- 32L”.


Keywords


Ferry Ro-Ro ship; kontruksi; penambahan panjang; permesinan; stabilitas

Full Text:

PDF

References


Ependi, E. (2020). Jadwal Pelayaran Lintas Lembar Padang Bai. Surabaya. : s.n., 2020.

Hanandis, S. (2012). Konstruksi Kapal (Midship Section). Universitas Hasanudin Makassar : Jurusan Perkapalan Fakultas Teknik.

Hutabarat, C. (2017). Jasa Transportasi Penyebrangan. Jakarta, Jakarta,

Indonesia : s.n., 12 22.

Nantra. (2018). Jelang Mudik, Syahbandar Siapkan 34 Kapal. nusabali. [Online] May 21, 2018. www.nusabali.com.

Siswanti, H. (2014). HIDROSTATIK & BONJEAN. [book auth.] Politeknik

Negeri Madura. 2014, pp. 1-3.

Wahyudi, F., T. (2010). Analisa Stabilitas KMP. Dharma Ferry Akibat Penambahan Konstruksi, Skripsi, Jurusan teknik Perkapalan, FTMK-ITATS, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.1029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan