Perancangan Rumah Singgah untuk Anak Marjinal dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku di Jakarta Utara

Salma Nadila, Anisza Ratnasari, Adriyan Kusuma

Sari


Keberadaan masyarakat marjinal di tengah perkotaan menimbulkan permasalahan yang memprihatinkan, terutama anak-anak mereka yang juga terkena dampaknya. Permasalahan ini perlu mendapatkan perhatian khusus, guna mengembalikan hak-hak anak yang seharusnya mereka terima. Beberapa program yang disediakan sering kali tidak sesuai sasaran, misalnya program panti sosial yang menyasar pada disfungsi anak yang keberadaanya belum optimal. Menyikapi kondisi tersebut, diperlukan solusi komprehensif yang mampu menjawab permasalahan, yaitu perancangan rumah singgah. Perancangan yang menyasar lokasi paling rentan dengan angka kemiskinan tertinggi di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara ini bertujuan untuk menjangkau anak-anak marjinal, sehingga memudahkan mereka dalam mengakses fasilitas tersebut. Penerapan pendekatan arsitektur perilaku pada desain dilakukan untuk menyesuaikan kondisi dan kebutuhan anak-anak. Mengingat bahwa lingkungan mempengaruhi perilaku dan perkembangan anak, pendekatan perilaku ini relevan agar dapat menciptakan ruang beraktivitas yang aman, fleksibel, adaptif dan bermanfaat bagi anak-anak. Disamping itu, melalui keberadaan rumah singgah ini, lebih banyak anak yang dapat menikmati kehidupan dengan lebih baik dan membantu mengurangi permasalahan marjinalisasi di perkotaan. Metode yang digunakan meliputi studi literatur, observasi, dan analisa pengaruh ruang terhadap pola perilaku manusia didalamnya. Sehingga, menghasilkan konsep perancangan rumah singgah yang dapat memenuhi kebutuhan belajar, bermain, berketerampilan dan beraktivitas.

Kata Kunci


Rumah singgah; panti sosial; anak marjinal; arsitektur perilaku

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ajisuksmo, C. R. P., Paramitha, E. D. E., Steffi, K., Sunjaya, L. F. N., Johan, V. C., Agustian, M., & Kartikawangi, D. (2024). PENDIDIKAN ANAK MARJINAL, KETERAMPILAN HIDUP DAN MEDIA LITERASI: PEMBEKALAN UNTUK TUTOR PKBM DALAM MENDAMPINGI ANAK MARJINAL. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7, 147–154. https://doi.org/10.31604/jpm.v7i1.147-154

Ishak, R. A., Wikantari, R., Harisah, A., Radja, Abd. M., Sir, Moh. M., & Ramadhanti, Y. F. (2021). Studi Latar Perilaku di Ruang Administrasi Departemen Arsitektur, Universitas Hasanuddin. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 10(1), 17–26. https://doi.org/10.32315/jlbi.v10i01.13

Jannah, M., Rozaina Kamsani, S., & Mohd Ariffin, N. (2021). PERKEMBANGAN USIA DEWASA : TUGAS DAN HAMBATAN PADA KORBAN KONFLIK PASCA DAMAI. Jurnal UIN Ar-Raniry. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/download/10430/5816

Lutfiyah, N. (2021). Resiliensi Anak Jalanan di Rumah Singgah Bina Anak Pasar Minggu dalam Menghadapi Pandemi Covid-19.

Marlina, H., & Ariska, D. (2019). ARSITEKTUR PERILAKU. Rumoh, 9(18), 2088–9399. https://www.google.com/search?q=Panti+Jomp

Martinesya, S. (2019). Bentuk Pemenugan Pemerintah Provisi DKI Jakarta terhadap Hak Atas Pendidikan Dasar Anak Terlantar. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Painan, 6.

Mensi, O., Sapara, M., Lumintang, J., & Paat, C. J. (2020). DAMPAK LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU REMAJA PEREMPUAN DI DESA AMMAT KECAMATAN TAMPAN’AMMA KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD (Vol. 13, Issue 3).

Minahussaniyyah, Suastika, M., & Musyawaroh. (2023). PENERAPAN ARSITEKTUR PERILAKU DENGAN KONSEP ACTIVE DESIGN. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur. https://jurnal.ft.uns.ac.id/index.php/senthong/index

PERATURAN MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONESIA. (2009).

Rachfa, A. S. F., & Muchamad, B. N. (2022). CREATIVE SPACE BAGI PENYANDANG GANGGUAN MENTAL DI BANJARBARU CREATIVE SPACE FOR PEOPLE WITH MENTAL DISORDER IN BANJARBARU. Lanting, 11.

Sagita, Y. S., Zulkarnain, R., & Sofino. (2021). Pembinaan Anak Jalanan oleh Rumah Singgah Al-Ma’un. Sofino/Journal Of Lifelong Learning, 4(2), 133–142.

Sandora, M. (2020). KONSEP PENDIDKAN ANAK MARGINAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 18(2), 196. https://doi.org/10.24014/marwah.v18i2.7588

Wahab, A., & Sudirman. (2023). PERSOALAN KEMISKINAN PERKOTAAN. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA), 6(1). https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i1.5214

Wisnu. (2024, March). Program KJP Bermasalah, Pemprov DKI Didorong Wujudkan Sekolah Gratis. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/megapolitan/660349/program-kjp-bermasalah-pemprov-dki-didorong-wujudkan-sekolah-gratis

Yurianto. (2019). Identifikasi Faktor yang Mempengaruhi Kemiskinan di DKI Jakarta dengan Menggunakan Pendekatan Simultaneous Equation Model. Jurnal Riset Jakarta, 12, 43–56.

Ajisuksmo, C., Paramitha, E., Steffi, K., Sunjaya, L., Johan, V., Agustian, M., Kartikawangi, D. (2024). Pendidikan Anak Marjinal, Keterampilan Hidup dan Media Literasi: Pembekalan untuk Tutor PKBM dalam Mendampingi Anak Marjinal. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7, 147-157.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.tekstur.2025.v6i1.6309

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.