Implementasi Konsep Ruang Ekspresif pada Komplek Rehabilitasi Gangguan Jiwa untuk mengoptimalkan Terapi seni bagi penderita di Kabupaten Malang

Ahmad Mahfudz, Siti Azizah, Dian P.E. Laksmiyanti

Sari


Abstrak. Dalam konteks masyarakat yang terus berkembang, kebutuhan yang meningkat, serta gaya hidup yang semakin kompleks, tingkat stres dan depresi pada masyarakat, termasuk di Provinsi Jawa Timur yang menempati posisi kedua di Indonesia. Terapi seni diakui sebagai alternatif yang efektif dalam membantu pemulihan penderita gangguan jiwa, meningkatkan kesadaran diri, kepercayaan diri, dan keterampilan sosial. Tujuan penelitian ini adalah memberikan usulan desain ruang ekspresif bagi penderita gangguan jiwa dengan memanfaatkan konsep ruang ekspresif dengan media Mural dan menyediakan fasilitas terapi seni untuk berkegiatan seni secara komunal. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia. Data diperoleh melalui observasi langsung pada beberapa tempat terapi seni di Kabupaten Malang dan wawancara dengan praktisi terapi seni. Penelitian ini menghasilkan implementasi konsep Ruang Ekspresif dengan media Mural dan kegiatan seni secara komunal dapat membantu penderita gangguan jiwa dalam mengekspresikan diri, meningkatkan kepercayaan diri, serta mengurangi tingkat stres dan depresi. Dalam usulan desain ruang, orientasi ruang ke arah pemandangan alam sekitar dapat membantu menciptakan suasana relaksasi yang lebih baik bagi penderita gangguan jiwa. Oleh karena itu, perhatian khusus diperlukan dalam merancang ruang terapi seni yang ekspresif bagi penderita gangguan jiwa dengan mempertimbangkan konsep Ruang Ekspresif, media Mural, dan kegiatan seni secara komunal.
Kata kunci: Rehabilitasi gangguan jiwa, Terapi seni , Ruang ekspresif

Kata Kunci


Rehabilitasi gangguan jiwa; Terapi seni; Ruang ekspresif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atika, F. A., & Poedjioetami, E. (2022). Creative Placemaking Pada Ruang Terbuka Publik Wisata Bangunan Cagar Budaya, Untuk Memperkuat Karakter Dan Identitas Tempat. Pawon: Jurnal Arsitektur, 6(1), 133–148.

Danker, S. (2017). Using Positive Visual Distractions and Color in Healthcare Settings to Reduce Patient Stress & Increase Patient Satisfactions. Master of Architecture, Philadelphia University.

de Gelder, B., Tamietto, M., Pegna, A. J., & van den Stock, J. (2015). Visual imagery influences brain responses to visual stimulation in bilateral cortical blindness. Cortex, 72, 15–26.

Gea, A. A. (2011). Environmental Stress: Usaha Mengatasi Stress yang Bersumber dari Lingkungan. Humaniora, 2(1), 874–884.

Hallala, M. (2013). Konsep Perencanaan Dan Perancangan Graphic Design Courtyard Surakarta Sebagai Ruang Ekspresif Yang Dapat Mengembangkan Inspirasi Berkarya, Pemasaran, Dan Apresiasi Dunia Desain Grafis.

Hidayat, A. A. (2022). Khazanah Terapi Komplementer-Alternatif: Telusur Intervensi Pengobatan Pelengkap Non-Medis. Nuansa Cendekia.

Joseph, M. C., Satiadarma, M. P., & Koesma, R. E. (2018). Penerapan terapi seni dalam mengurangi kecemasan pada perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga di Jakarta. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 2(1), 77–87.

Laksmiyanti, D. P. E., Nareswarananindya, N., & Hidayat, M. J. (2020). Persepsi Masyarakat Awam terhadap standar Desain dan Kesiapan New-normal pada bioskop di indonesia. modul, 21(2), 134–141.

Mendoza, J. (2019). Circadian insights into the biology of depression: Symptoms, treatments and animal models. Behavioural brain research, 376.

Ramadhani, S., & Sukarnen, S. (2021). konsep art therapy pada Rancangan Rumah sakit khusus Onkologi sebagai Metode Penyembuhan Pasien Kanker. Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur, 249–253.

Sari, W. E., Gunawan, Y., Ariningsih, P. K., & Andoni, H. (2022). Pengaruh Warna dan Tekstur pada Ruang terhadap Persepsi Termal secara Adaptif dengan Teknologi Virtual Reality. 22(1), 42–50.

Viollita, Y. G., & Ratniarsih, I. (2020). Rancangan Futuristik Pada Bentuk Bangunan, Ruang Dan Interior Pusat Pengembangan Desain Digital Di Surabaya. TEKSTUR, Jurnal Arsitektur ITATS, 1(2), 117–126.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.tekstur.2023.v4i1.4353

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.