REDESAIN SARANA PENGANGKUT BAHAN MAKANAN, SAYUR DAN BUAH UNTUK BONGKAR MUAT DI PASAR TRADISIONAL (STUDI KASUS PASAR TRADISIONAL DTC SURABAYA)

Achmad Fauzi, Christin Mardiana

Abstract


Makan merupakan kebutuhan primer setiap manusia, untuk mendapatkan makan yang baik didapatkan dari bahan makanan yang baik pula. Bahan makanan didapatkan diberbagai tempat dari pasar tradisional sampai dengan hypermarket (Pasar Swalayan). Darmo Trade Center adalah salah satu pasar ternama di Surabaya berlokasi di Jalan Raya Wonokromo. DTC terbagi menjadi 2 yaitu pasar modern dan tradisional. Di dalam pasar tradisional terdapat aktifitas bongkar muat seperti buah, sayur dan bahan makanan. Aktifitas bongkar muat tersebut didukung oleh sarana pengangkut, cara kerja sarana tersebut yaitu didorong, beberapa keluhan dari para pekerja yaitu pada bagian tangan dan lengan karena bentuk kemudi yang kurang ergonomis, dan jalan yang tidak rata, oleh karena itu peneliti ingin meredesain sarana bongkar muat tersebut supaya memudahkan ketika dipakai oleh para pekerja bongkar muat. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif yaitu dengan melakukan wawancara, observasi dengan para pekerja bongkar muat. Peneliti melakukan wawancara untuk mengetahui kebutuhan para responden terhadap sarana bongkar muat, setelah melakukan studi kasus, peneliti menganalisis data menggunakan alat analisis desain, dari hasil analisis didapatkan hasil seperti material, sistem, bentuk, warna dan finishing yang akan diaplikasikan pada perancangan redesain sarana bongkar muat. Hasil dari penelitian ini penelitian ini nantinya berupa sarana bongkar muat yang dilengkapi dengan kemudi baru dan juga suspensi.

Keywords


Bongkar muat, Desain, Sarana, Tradisional

Full Text:

PDF

References


https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/146725/jurnal_eproc/pengembangan-sistem-lipat-pada-perancangan-portable-hammock-set-menggunakan-aspek-lipatan.pdf diakses pukul 15 April 2019 00:37

Sokhibi Akh, Alifiana dan Ghozali “ Perancangan Troli Ergonomi pada Aktifitas Pengangkutan Beras di Penggilingan Padi”, Jurnal Sistem dan Manajemen Industri Vol 2 No 2 Desember 2018, 111-117.

Sritomo Wignjosoebroto, 2006: 61 buku Ergonomi studi gerak dan waktu.

Eko Nurmianto, 2004 Buku “ Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya “.

Sarwo Nugroho 2015 Buku “ Manajemen Warna dan Desain “.

Listyo Budi W “ Desain Sarana Pengangkut Sampah Untuk Taman Kota “ 2017.

Ningsih Putri R. “ Redesain Sarana Niaga Untuk Penjual Jamu Bersepeda “ 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.