RE-DESAIN TERMINAL PENUMPANG PELABUHAN KAPAL LAUT DI DILI, TIMOR-LESTE TEMA : ARSITEKTUR POST MODERN

Jacob Noronha Belo, Amir Mukmin Rachim, Suci Ramadhani

Abstract


Timor-Leste sebagai Negara baru  memiliki berbagai pengupayaan  untuk mencapai perubahan yang bisa mambawa suatu pembaharuan ke depanya, bagian terpenting lainya adalah membangun sarana infrastuktur, maka dalam kesempatan ini sebagai motifasi untuk merancang ulang terminal penumpang pelabuhan kapal laut di Dili, Timor-Leste. Dalam upaya ini, permasalahannya adalah bagaimana menciptakan suatu rancangan yang dapat memberikan visual obyek yang bisa dirasakan oleh masyarakat lokal dengan gambaran yang dapat mengedukasi generasi berikutnya serta mempertahankan unsur budaya lokal, bagaimana menciptakan suatu perubahan penting dalam bidang infrastuktur secara positif dengan kondisi yang tidak menganggu aktifitas umum. Langkah-langkah tersebut dilakukan melalui tahap penelitian secara ilmiah dan non-ilmiah dan dikaji berdasarkan pengamatan serta teori-teori yang ada. Tujuan penelitian ini untuk mencari dan menemukan suatu solusi secara obyektif, baik itu kelebihan yang didapat maupun kekuranganya, metode penelitian ini mengacu pada proses yang ada antara beberapa obyek penelitian. Pengolahan data tersebut dikembangkan dan diaplikasikan pada sebuah rancangan terminal penumpang pelabuhan kapal laut. Maka, dalam upaya ini ada tiga langkah sebagai proses penelitian yang telah dilakukan yaitu tahap pra-desain, tahap programing dan tahap desain, tahap desain ini merupakan proses rancangan berdasarkan hasil yang didapat dari kajian pra-desain dan tahap programing yang telah dilakukan. Manfaat dalam metode penelitian ini agar memahami keadaan yg sesungguhnya menyangkut segi positif dan negatif yang terjadi pada obyek penelitian baik itu dari segi eksterior maupun interior, serta bentuk ruang dan tatanan lahan yang ada guna sebagai acuan untuk perancangan re-desain terminal penumpang pelabuhan kapal laut di Dili, Timor-Leste.

Keywords


Terminal, penumpang kapal laut, infrastuktur, Dili

Full Text:

PDF

References


https://www.academia.edu/8401812/Arsitektur_Post_Modern : Etzeel Castel “Sejarah dan arsitektur post-modern”.

https://en.wiktionary.org/wiki/redesign.

http://www.perkapalanku.com/2013/07/pengertian-pelabuhan.html : Jasa Pengiriman barang (Perkapalanku).

http://www.worldometers.info/world-population/timor-leste-population: Worldclassmeter_Timor-Leste Population (Data Live).

dictionary.com/methodology : Defenisi Metodologi https://botsorganize.wordpress.com/2014/04/28/metodologi-penelitian/ : Dosen Fe Unpak: Metodologi penelitian_(28 April, 2014).

https://masbrooo.com/pelestarian-rumah-adat-timor-leste/ : Pelestarian rumah adat Timor-Leste_ (Do Cunha Braz:13 Februari 2013).

Frick Heinz, FX. Bambang Suskiyanto. 2007. Dasar-dasar Eko-Arsitektur. Yogyakarta. Penerbit Kanisus.

https://www.dezeen.com/2017/06/29/qingdao-cruise-terminal-angular-facade-roof-references-boats-sails-mozhao-atelier-jing-studio-architecture-china/ : Qingdao Cruise Terminal's angular facade references boats' sails_Alyn Griffiths, 29 Juni, 2014.

https://www.mscfans.it/en/2016/10/07/rct-will-build-new-cruise-termina-civitavecchia/.

https://maritimenews.id/desain-modern-bantu-pelabuhan-hadapi-perkembangan-industri-kapal-pesiar/ : Nusantara Maritime New: 16 Juli, 2018.

https://www.floornature.com/studio-vicini-architects-amerigo-vespucci-terminal-civitavec-14280/.

https://www.befreetour.com/id/read/mengenal-pelabuhan-di-singapura : Mengenal pelabuhan di Singapur (13-8-2018) (Sumit Singhal_13 Agustus, 2013 ) Marina Bay Cruise Centre Singapore by RSP Architects Planners & Engineers (Pte) Ltd.

https://archello.com/project/marina-bay-cruise-centre-singapore : Marina bay cruise centre Singapore.

https://mbccs.com.sg/about-mbccs/design-features : Marina Bay _Seas the day.

http://www.lightgroupindonesia.com/artikel/baca/keunggulan-pemakaian-aluminium-composite-panel-acp- yogyakarta : Keunggulan pemakaian alluminium composite panel (ACP).

http://www.greatnewplaces.com/sg/c6037-MarinaBayCruiseCentreExpansion : S&L Hardware and Decoration enterprise_Aluminium composite panel ACP.

http://cometravellingwithus.blogspot.com/2013/02/voyager-of-seas-pt-ii-ports-of-call.html: Voyager of the Seas cruise (Pt II) - Ports of Call_27 Februari, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.