PENERAPAN ARSITEKTUR BUDAYA UNTUK PUSAT PERMAINAN TRADISIONAL PADA ERA MODERN DI SURABAYA

Arby Putra Firmansyah, Suci Ramadhani, Sukarnen Sukarnen

Abstract


Seiring berkembangnya zaman, permainan tradisional ini beberapa tahun terakhir jarang kita temui karena di anggap kuno oleh sebagaian anak muda. Didasari oleh kurangnya minat anak muda untuk bermain permainan tradisional ini adalah sebuah tantangan bagaimana untuk menghidupkan kembali citra Permainan tradisional di indonesia khususnya kota – kota besar seperti kota Surabaya ini. Untuk menyediakan tempat untuk bermain permainan tradisional yang jarang kita  temukan di kota besar dan menambah pengetahuan tentang mainan Tradisional. Metode yang diguanakan adalah metode deskriptif, studi lapangan dan studi literatur yang menghasilkan kumpulan data primer seperti survei, wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder seperti pencarian data secara manual dan online. Hasil dari sebuah penilitias tersebut tercipta sebuah karya dengan tema Arsitektur Budaya dan menerapkan makro konsep Analogi dari permainan tradisional. Pada bentuk bangunan, memakai mikro konsep aditif dan subtraktif, tata lahan memakai mikro konsep terarah dan ruang memakai mikro konsep efisien. Site yang berlokasi di Jl. Kalisari Permai, Surabaya. Dengan penerapan beberapa material arsitektur jawa pada bagian fasad bangunan, penerapan analogi layang-layang yang meninggi pada ruangan, penerapan analogi rumah adat jawa  pada tatanan lahan dan dan penerapan analogi layang-layang untuk bentuk pola atap keselurahan bangunan diharapakan akan memberikan kesan yang unik pada permainan irama perbedaan ketinggian

Keywords


Analogi, Arsitektur, Budaya, Permainan, Tradisional

Full Text:

PDF

References


Budihardjo, Eko. 1997. Arsitektur dan Kota di Indonesia. Penerbit Alumni, Bandung

Danandjaya, James. 1987. Floklore Indonesia. Gramedia, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.