PENERAPAN TEMA ARSITEKTUR METAFORA PADA PERANCANGAN MUSEUM PERADABAN PRASEJARAH DI SURABAYA

Fadli Fadli, Broto Wahyono Sulistyo, Failasuf Herman Hendra

Abstract


Saat ini, pengetahuan mengenai peradaban prasejarah telah dianggap tidak nge-trend dan terkesan tertinggal zaman. Kaum muda perlu diberikan pendidikan lebih mengenai peradaban prasejarah. Oleh karena itu, perlunya tempat untuk menampung informasi mengenai prasejarah di Surabaya yang bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat agar tidak melupakan arti penting prasejarah. Pengumpulan data dalam Perencanaan dan Perancangan Museum Peradaban Prasejarah di Surabaya ini berasal dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari pengamatan secara langsung dengan mengunjungi museum yang berkaitan dengan judul sedangkan data sekunder diperoleh tanpa pengamatan langsung seperti data internet, obyek studi tersebut kemudian diolah dan dianalisis sehingga diperoleh hasil sintesis dan konsep. Dalam perancangaanya Museum Peradaban Prasejarah ini memiliki tatanan lahan yang komunikatif dimana bertujuan untuk mengarahkan pengunjung dan memberikan informasi dari figura yang ada disekitarnya. Bentuk bangunan mengadopsi bentukan metafora dari gunung berapi dimana gunung berapi dianggap sebagai salah satu faktor musnahnya sebagian kecil peradaban purba dimasa lalu. Kemudian ruang yang tercipta berkonsep edukatif dimana sistem pameran museum yaitu galeri dan diorama sebagai sumber informasi yang ditujukan kepada pengunjung.. Museum peradaban prasejarah menarik untuk dibahas, karena bukan hanya sumber informasi pendidikan mengenai kehidupan prasejah, melainkan juga sebagai tempat wisata baru yang bewawasan pendidikan serta wadah hiburan bagi masyarakat Surabaya.

Keywords


Edukatif, IMTAQ, Museum, Prasejarah, Metafora

Full Text:

PDF

References


Anthony C. Antoniades, 1990 dalam bukunya, “Poetic of Architecture : Theory of Design”.

Hendra, Failasuf Herman, “Adaptasi Guna Mencapai Kenyamanan di Dalam Bangunan Kolonial pada Lingkungan Padat,” Prosiding Seminar Nasional Rekayasa Perencanaan VI, 2012.

International Council of Museums (Eleventh General Assembly of ICOM, Copenhagen,1974

Slamet Sujud Purnawan Jati. 2013 Sejarah dan Budaya Prasejarah Indonesia : Tinjauan Kronologi dan Morfologi, Tahun Ketujuh, Nomor 2, Desember 2013

Soejono, R.P. (Ed dkk). 1984. Zaman Prasejarah di Indonesia. Sejarah Nasional Indonesia I. Jakarta: P.N. Balai Pustaka.

Sukendar, Hs. 2001. Peninggalan Tradisi Megalitik di Daerah Cianjur, Jawa Barat. Jakarta: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.