REDESAIN PELABUHAN SUNGAI KUNJANG PENEKANANAN PADA ARSITEKTUR SIMBOLIS DI SAMARINDA

Muhammad Ageng Prasetiyo, Esty Poedjioetami, Broto Wahyono Sulistyo

Abstract


Pentingnya transportasi air di Sungai Mahakam yang masih digunakan warga untuk bepergian menggunakan kapal perlu diberi sarana dermaga atau pelabuhan. Namun, kurangnya perhatian pemerintah dalam pengelolaan pelabuhan atau dermaga di Samarinda menjadikan fungsi dan tampilan lokasi tersebut kurang maksimal. Salah satunya adalah Pelabuhan Sungai Kunjang yang difungsikan sebagai tempat kapal-kapal bermuatan menuju hulu sungai Mahakam yang sulit dijangkau melalui darat. Pelabuhan Sungai Kunjang masih memiliki beberapa kekurangan, dari segi fasilitas seperti penataan ruang yang kurang sesuai untuk pelabuhan, lahan parkir kurang memadai dan efisien, dan fasad yang tidak mencerminkan bangunan pelabuhan. Dari analisa tersebut maka diperlukan redesain untuk memperbaiki beberapa kekurangan tersebut. Dalam redesain ini dilakukan perancangan dengan menambah fasilitas terminal, perluasan dan penataan ulang lahan parkir, jalur sirkulasi yang efisien, penambahan bangunan pendukung seperti mess dan gudang kargo, serta mendesain ulang fasad. Eksisting bangunan memiliki kekurangan pada fasad yang tidak mencerminkan fungsi bangunan, maka dicoba merancang ulang fasad yang mencerminkan fungsinya. Menggunakan konsep makro simbolis (menggambarkan) pada bentuk yang diambil dari bentukan rumah panggung khas Kutai dan kapal panjang. Pada tata lahan diterapkan konsep mikro mengalir yang memiliki tujuan efisiensi sirkulasi dan lahan parkir. Pada mikro ruang digunakan konsep komunikatif yang bertujuan mengarahkan pengunjung.

Keywords


Pelabuhan, Sungai Kunjang, Redesain, Simbolis

Full Text:

PDF

References


Peraturan Pemerintah Pekerjaan Umum no 5/PRT/M/2008 “Tentang Penyelenggaraan Pelabuhan”

Nyoman Budiartha, 2015, PELABUHAN, Denpasar: Buku Arti

Meta Riany. 2014. Kajian Aspek Kosmologi-Simbolisme Pada Arsitektur Rumah Tinggal Vernakulardi Kampung Naga: Jurnal Reka Karsa. Bandung: ITENAS.

Pengertian Sungai Mahakam: https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/sungai-mahakam. Diakses 22 Agustus 2018

Menurut Charles Sanders Peirce (Teori Trikonomi Semiotika Arsitektural) id.wikipedia.org/wiki/Ensiklopedia diakses taggal 23 Agustus 2019

Herusatoto, Budiono; 1983; Simbolisme dalam Budaya Jawa. http://mediacacheec0.pinimg.com/736x/43/ce/71/43ce71f73b82a1856960b9e14e00a970.jpg; diakses tanggal 23 Agustus 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.