ANALISIS REKAYASA NILAI PADA PEKERJAAN PLAT LANTAI PERUM BUKIT PALM B2 PT.CITRALAND SURABAYA

Bagus Kusuma Aji, Felicia Tria Nuciferani, Siti Choriyah

Abstract


Rekayasa nilai adalah Peningkatan nilai dengan meningkatkan fungsi suatu produk atau jasa, atau mengurangi biaya yang dikeluarkan, tanpa menurunkan kualitas. Tujuan penelitian rekayasa nilai ini untuk mengetahui alternatif desain struktur pekerjaan plat lantai pada proyek pembangunan perum Bukit Palm B2 PT.Citraland Surabaya dan mengetahui perbandingan biaya yang telah direncanakan dengan biaya setelah dilakukan analisis Rekayasa Nilai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian rekayasa nilai yang terdiri dari tahapan yaitu: Tahap informasi (RAB), Tahap analisis (metode pareto & analisis fungsi), Tahap Kreatif (alternatif), Tahap Pengembangan dan Tahap rekomendasi. Adapun alternatif plat lantai yang dibandingan adalah plat konvensional, plat lantai AAC (Autoclaved Aerated Concrete), plat lantai dak keraton dan plat lantai steel deck-1000. Hasil analisis, desain plat lantai yang terpilih yaitu plat lantai AAC (Autoclaved Aerated Concrete). Penggunaan plat lantai yang direkomendasikan menggunakan material plat lantai AAC (Autoclaved Aerated Concrete)  untuk pekerjaan plat lantai dengan biaya Rp. 35.196.781,25 dengan nilai selisih sebesar Rp. 1.829.278,04 dari desain awal.

Keywords


Plat Lantai, Pareto, Rekayasa Nilai

Full Text:

PDF

References


Mulyanto, HR. (2009). Rekayasa Nilai dalam Modelling Contractor and Subcontracto, dari: http//eprints.undip.ac.id.

Chandra, S. C. (2013). Maximizing Contruction Project and Investment Budget Efficiency With Value Engineering. Jakarta: Kompas Gramedia.

Adha, K. (2013). Pengertian Analitycal Hierarchy Process (AHP). Diambil kembali dari Analitycal Hierarchy Process: http://metode-ahp.co.id.

Berawi, dkk. (2014). Enhancing Value for Money of Mega Infrastructure Projects Development Using Value Engineering Method. Journal Procedia Tech vol 16, pp 1037-1046.

Anisa W, dkk. (2013). Aplikasi Value Engineering dengan Metode Analytical Hirarchy Process (AHP) terhadap Struktur Plat pada Proyek Pembangunan Hotel Aziza Solo. Mahasiswa Teknik Sipil, Universitas Sebelas Maret. ISSN 2354-8630, e-jurnal Matrik Teknik Sipil Vol 1 No. 4/desermber 20133/401.

Suryadi, K., & Ramdhani, M. (1998). Sistem Pendukung Keputusan. Bandung: PT. Remaja, Rosda Karya.

Susanto, J. (2011 Desemeber 14). Sejarah Rekayasa Nilai di Indonesia. Refrensi dari: e-journa l.uajy. ac.id/8 95/3/2TS12386.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.