EVALUASI STRUKTUR GEDUNG SMPN 25 SURABAYA TERHADAP BEBAN GEMPA

Taufan Febri Hidayat, Eka Susanti

Abstract


SMPN 25 Surabaya adalah gedung untuk fasilitas pendidikan yang dibangun oleh pemerintah kota Surabaya, yang terletak di Jln. Simomulyo No.25 Surabaya. Bangunan ini terdiri dari 3 lantai dengan 12 ruang kelas. Perencanaan struktur gedung SMPN 25 ini tidak memperhitungkan beban gempa. Berdasarkan data tersebut dan untuk tujuan mengurangi resiko akibat bencana gempa, maka penulis melakukan evaluasi perencanaan bangunan SMPN 25 terhadap  beban gempa (SNI 1726-2012) dengan peraturan desain struktur beton (SNI 03-2847-2013). Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi struktur gedung SMPN 25 terhadap beban gempa dan mendesain perkuatan elemen struktur yang tidak mampu menerima beban gempa. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan kapasitas lentur terhadap lentur ultimit, baik lentur yang terjadi di balok maupun di kolom. Untuk perkuatan elemen struktur, digunakan Carbon Fiber Reinforced Polymer (CFRP) produksi SIKA. Hasil evaluasi balok didapatkan, terdapat balok B1’ dan B1yang kapasitas lenturnya lebih kecil dari pada lentur ultimit yang terjadi, sehingga membutuhkan perkuatan yang dapat meningkatkan kapasitas lentur minimal sebesar 32%. Untuk evaluasi kolom, semua kapasitas kolom masih dapat menerima beban ultimit yang terjadi. Dari hasil analisis perkuatan balok B1 dan B1’ diperoleh, balok tersebut harus dipassang CFRP sebanyak  2 strip dengan panjang 1,8m. Dengan perkuatan CFRP sebanyak 2 strip ini, kapasitas lentur dapat meningkat sebanyak 43,7%.

Keywords


Perkuatan Struktur, Carbon Fiber Reinforced Polymer (CFRP)

Full Text:

PDF

References


Badan Standardisasi Nasional. Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Bangunan Gedung Dan Non Gedung SNI-03-1726-2012.

Badan Standardisasi Nasional. Persyaratan Beton struktural Untuk Bangunan Gedung SNI-2847-2013.

Departemen Pekerjaan umum, 1987, “Pedoman Perencanaan Pembebanan Untuk Rumah dan Gedung” , Yayasan Badan Penerbit Umum,Jakarta.

Eka Susanti, 2012, “Kemampuan Daktilitas Baja Tulangan Dengan Mutu diatas 400 MPa Untuk Disain Struktur Tahan Gempa.”Seminar Nasional Pascasarjana XII – ITS, Surabaya 12 Juli 2012

Enggelbertus. 2017. Perbandingan Perhitungan Portal Struktur Beton Bertulang Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SPRMK) Ditinjau Dari Pembebanan Gempa (SNI 03-1726-2002) dan (SNI 1726-2012). Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Vemmy,Yudith,2017. Pperkuatan Gedung Dengan Menggunakan Carbon Fiber Reinforced Polymer (Cfrp) Studi Kasus Menggunakan Layout Gedung Laboratorium C-Dast Dan Ruang Kuliah Bersama Universitas Jember. Surabaya : ITS


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.