EVALUASI KERUSAKAN JALAN DAN DRAINASE PADA RUAS JALAN RAYA SUGIO DENGAN METODE BINA MARGA (Studi Kasus : Ruas Jalan Sugio, Kabupaten Lamongan)

Risal Rifa'i, Theresia Maria Candra Agusdini

Abstract


Kelancaran lalu lintas suatu jalan harus didukung dengan infrastruktur jalan yang memadai. Seperti halnya Jalan Raya Sugio, Kabupaten Lamongan. Kondisi perkerasan jalan mengalami kerusakan sehingga menghambat kelancaran lalu lintas jalan. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi guna mengetahui tindakan penanganan yang harus dilakukan. Adapun salah satu tindakan penanganan yaitu dengan menambahkan perkerasan kaku (rigid pavement) diatas perkerasan lentur (flexible pavement). Metode yang digunakan untuk evaluasi perkerasan jalan adalah metode tata cara penyusunan program pemeliharaan jalan kota 1990. Hasil yang diperoleh dari survei mengenai kerusakan perkerasan, Jalan Raya Sugio masuk pada urutan prioritas 0-3 yang artinya jalan dimasukkan ke dalam program peningkatan. Dan untuk kondisi drainase Jalan Raya Sugio masuk pada urutan prioritas <10 yang artinya drainase hanya diperlukan pemeliharaan rutin terhadap komponen-komponen drainase guna menjaga kelancaran sistem drainase.

Keywords


jalan raya Sugio, kerusakan jalan, drainase, metode bina marga

Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembinaan Jalan Kota. 1990. Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota.Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan RakyatRepublik Indonesia. Jakarta.

Departemen pekerjaan umum 1995 manual pemeliharaan rutin untuk jalan nasional dan jalan provinsi, jilid II : metode perbaikan setandart.

Hardiyatmo ,H.C. 2017, Mekanika Tanah II, edisi keempat, Gajah Mada Nniversity prees, Yogyakarta.

, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No, 34 Tahun 2006 Tentang Jalan, Sekertariat Negara, Jakarta.

Margaret Evelin Bolla 2012, “ Metode Bina Marga dan Metode PCI dalam penilaian kondisi perkerasan jalan” lokasi penelitian yaitu penelitian kondisi ruas jalan Kali Urang .JurnalTeknik Sipil 1 (3), 104-116, 2012 Universitas Nusa Cendana. Kupang Nusa Tenggara Timur.

Rondi, M. 2016. Evaluasi Perkerasan Jalan Menurut Metode Bina Marga Serta Alternatif Penangannya (Studi Kasus: Ruas Jalan Dan Liris Blulukan – Tohudan Colomadu Karanganyar). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Udiana, I., Saudale, A., Dan Pah, J. 2014. Analisa Faktor Penyebab Kerusakan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan W. J. Lalamentik Dan Ruas Jalan Gor Flobamora). Jurnal Teknik Sipil (3) (1) : 13 – 18. Undana.Kupa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.