EFEK PERILAKU PEKERJA DAN PENGALAMAN PEKERJA TERHADAP KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJAAN MECHANICAL ELECTRICAL DI PROYEK KONTRUKSI SURABAYA

Slamet Efendi, Feri Harianto

Abstract


Perilaku dan pengalaman pekerja merupakan faktor penyebab bertambah atau berkurangnya kecelakaan kerja, baik berasal dari dalam maupun dari luar diri manusia itu sendiri. Oleh karena itu peranan penerapan program K3 sejal awal proyek berlangsung sangatlah berpengaruh untuk perilaku dan pengalaman pekerja. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengambilan data melalui kuesioner. Responden penelitian yaitu mandor, tukang, dan pekerja dengan ukuran sampel 46 responden pada 3  proyek konstruksi di Surabaya. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi regresi berganda dengan dua variabel bebas dan satu variabel terikat yang diuji dengan menggunakan uji asumsi klasik untuk memenuhi kaidah BLUE (Best Linier Unbias Estimator). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku pekerja dan pengalaman pekerja berpengaruh signifikan terhadap kecelakaan kerja, baik secara individu maupun simultan (? < 0.05).

Keywords


Perilaku pekerja, pengalaman pekerja, kecelakaan kerja

Full Text:

PDF

References


Andi, dkk, 2005. Model Persamaan Struktural Pengaruh Budaya Keselamatan Kerja Pada Perilaku Pekerja Di Proyek Kontruksi . Jurnal Teknik Sipil, Vol. 12 (3), Juli : 127 – 136.

Choirul, Mochammad, 2007. Pengaruh Perilaku Tenaga Kerja Pada Proyek Konstruksi Di Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan.Surabaya : Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Handoko T, 1998, Menejemen Surabaya Daya Manusia, BPFE Yogyakarta.

Gunawan. A.F, 2013, Safety Leadership. Jakarta : Dian Rakyat.

Santoso, Gempur, 2004, Manajemen Keselamatan & Kesehatan. Jakarta : Prestasi Pustaka..

Undang - Undang Keselamaatan Kerja No. 1 tahun 1970.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.