DESAIN TONGKAT UNTUK TUNA NETRA DI ERA NEW NORMAL

Hamdan Bahalwan, Aldino Unggul P, Devid Irham A

Abstract


Tahun 2021 merupakan tahun dimana maish ada pandemic covid 19. Penyebaram virus ini semakin meluas dari hari ke hari. semua terdampak, tidak terkecuali orang yang memiliki tuna netra (disabilitas). Di pandemi ini, ada sebuah aturan salah satunya adalah harus saling menjaga jarak antara satu sama lain. dengan minimal jarak 1-2 meter. hal ini merupakan kendala bagi orang-orang tuna netra, karena keterbatasan maka mereka lebih susah untuk mengatur jarak dengan orang lain, mengikuti aturan jaga jarak. dari hal tersebut maka ada sebuah terobosan baru untuk membantu mereka dengan membuat sebuah tongkat untuk tuna netra di era new normal. Metode yang di gunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan Quality Function Deployment. penggunaan QFD dalam penelitian ini, agar orang-orang dengan tuna netra dapat melakukan jaga jarak dengan mudah, menggunakan tongkat ini.

Keywords


Tuna netra; Tongkat; QFD

Full Text:

PDF

References


H. Bahalwan, “Re-Design of Troso Weaving as Representation of Jepara City,” p. 12.

F. Camalia and H. Susanto, “PENGEMBANGAN AUDIOBOOK DILENGKAPI ALAT PERAGA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK TUNANETRA KELAS VIII SMP,” p. 14, 2016.

“Apa Itu New Normal?”

H. Bahalwan, “Kajian Psikologi Desain, Desain Interface Speedometer Sepeda Motor Metik, Tentang Pengaruh Cara Orang Berkendara,” J. IPTEK, vol. 22, no. 2, pp. 77–86, Feb. 2019, doi: 10.31284/j.iptek.2018.v22i2.448.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.