Redesain Cast Ortopedi Menggunakan Teknologi 3d Printing

Larasadi Harya Nugraha, Mochamad Junaidi Hidayat

Abstract

Cast ortopedi tradisional pada fraktur tulang memiliki berbagai keterbatasan seperti kurangnya sirkulasi udara dan ketidaktahanannya terhadap air. Perkembangan teknologi kesehatan masa kini menawarkan beberapa solusi seperti penggunaan cast menggunakan teknologi 3D printing. Menawarkan material ramah lingkungan yang lebih kuat dengan bobot yang jauh lebih ringan dan kebebasan kostumisasi menjadi nilai tambah utama dari produk ini. Namun teknologi ini harus dibayar dengan proses produksi yang lama karena diperlukan proses scanning pada pasien. Diharapkan dengan redesain cast ortopedi dengan varian beberapa standar ukuran dan pemasangan adjustable yang diproduksi massal sebelum fraktur dapat memotong proses tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dan kualitatif. Analisis yang digunakan menggunakan analisis kebutuhan pengguna cast dan analisis desain. Hasil dari penelitian ini yaitu produk dari redesain cast ortopedi menggunakan teknologi 3D printing dengan konsep Biomimicry.

Keywords

3D print; cast ortopedi; redesain

Full Text:

PDF

References

Rezaei, R., 2017. The Easy Wrap Orthopedic Cast.

Thore M. Bucking, E. R. H. J. L. R. E. M. A. A. P. D. I. N., 2017. From medical imaging data to 3D printed anatomical models. PLOS ONE, 12(5).

Hui Lin, L. S. D. W., 2016. 3D Printing in Medicine.

STIA Tabalong, 2017. E-Jurnal STIA Tabalong. [Online]

Available at: https://ejurnal.stiatabalong.ac.id/2017/04/13/hello-world/

[Accessed 28 Oktober 2018].

T.A Einhorn, C. L. (2015). Fracture healing: mechanisms and interventions. 45–54

Shapiro, F. (2015). Bone development and its relation to fracture repair. The role of mesenchymal osteoblasts and surface osteoblasts. Orthopaedic Research Laboratories, 53 - 76.

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya

Budiono, H. S. (2015). Pengujian Kuat Tarik Terhadap Produk Hasil 3D Printing dengan Variasi Ketebalan Layer 0,2 mm dan 0,3 mm yang Menggunakan Bahan ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene).

Ismianti, H., 2018. Framework Prediksi Penggunaan 3D printing di Indonesia Pada

Tahun 2030.

Aleksandar ?u?akovi?, B. J. M. K., 2016. Biomimetic geometry Approach to Generative Design.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.